Detak-Palembang.com BUKITTINGGI – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan telah memberikan perhatian serius dengan digelarnya even tahunan bagi para wartawan.

Even tersebut adalah peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang dilaksanakan dengan skala yang besar melibatkan para pekerja media di seluruh Indonesia dimana pada 2018 ini digelar di Kota Padang Sumatera Barat.

Perhatian serius Pemkab OKU Selatan itu sudah dimulai sejak perhelatan HPN di Ambon Provinsi Maluku pada 2017 silam.

Perhatian tersebut diwujudkan dengan pengucuran dana hibah dari APBD Kabupaten OKU Selatan kepada Persatuan Wartwan Indonesia (PWI) yang saat HPN tahun lalu mengikutsertakan 11 orang.

Dan pada tahun 2018 ini meskipun dana hibah daerah tidak dapat dikucurkan lagi karena dibatasi aturan, namun support atau dukungan Pemkab OKU Selatan kepada wartawan untuk mengikuti HPN masih sangat besar.

Hal itu dibuktikan dengan dukungan Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo bersama jajarannya yang telah memberikan bantuan biaya operasional untuk mengikuti HPN di Padang.

Bantuan tersebut juga berupa izin pinjam pakai kendaraan bus AC milik pemkab untuk digunakan mengikuti HPN 2018 bagi 19 orang jurnalis.

Bukan itu saja dukungan pemkab kepada para wartawan yang mengikuti HPN, bahkan Wakil Bupati OKU Selatan Sholehien Abuasir didampingi Kasubag Protokol Perbiansyah mengunjungi para wartwan yang kebetulan sedang berada di Bukittinggi.

Kedatangan wabup di Ranah Minang atas undangan panitia HPN mewakili kepala daerah.

Kunjungan itu dibuktikan dengan digelarnya ramah tamah antara peserta HPN dan Wabup di kota Bukittinggi, Selasa (07/02) kemarin.

Dalam kesempatan itu Wabup Sholehien mengharapkan kepada para peserta untuk mengikuti rangkaian acara HPN dengan sungguh-sungguh agar dapat diperoleh pengetahuan yang baru dan lebih bermanfaat dalam menunjang tugas jurnalistik.

“Daerah ini lebih maju dari daerah kita, maka ambillah apa-apa yang bagus dan bisa diterapkan di daerah kita” himbau Sholehien dihadapan para wartawan itu.

Sementara itu Richan Joe selaku Ketua PWI OKU Selatan sangat berterimakasih atas kunjungan Wabup Sholehien kepada para peserta HPN.

“Kami sangat bangga atas kunjungan ini, mengingat daerah lain belum tentu didampingi oleh kepala daerah” ujar Richan mengapresiasi.

Ia atas nama PWI OKU Selatan beserta pengurus juga memberikan apresiasi tinggi kepada Pemkab OKU Selatan atas bantuan-bantuan dan dukungannya kepada para wartawan, sejak pelantikan pengurus, bantuan untuk mengikuti HPN Ambon 2017, Uji Kompetensi Wartawan (UKW), hingga bantuan penuh untuk mengikuti HPN 2018 di kota Padang.