Detak-Palembang.com SAMARINDA – Gubernur Sumsel Herman Deru menghadiri silaturahmi sekaligus pelantikan Pengurus Ikatan Keluarga Besar  (IKABES) Sriwijaya Sumsel periode 2018-2021 bertempat di Gedung Lamin Etam Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), Minggu (3/2). 

Dikesempatan tersebar Gubernur Sumsel Herman Deru didampingi langsung Istri tercinta dan juga Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumsel Hj Febrita Lustia Herman Deru. Serta dihadiri oleh Gubernur Kaltim H Isran Noor bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kaltim Hj Nor Baiti Isran Noor beserta Ketua IKABES Sriwijaya Provinsi Kaltim Eddy Effendi. Kemudian dihadiri juga para perantau asal Sumatera seperti dari Palembang, Lampung, Bengkulu, Bangka Belitung, Jambi dan Riau.

Ketua Pengurus IKABES Sriwijaya Kota Samarinda periode 2018-2021, Rusdi Doviyanto bersama dengan para anggotanya  dilantik langsung oleh Ketua IKABES Sriwijaya Provinsi Kaltim Eddy Effendi.

Pada kesempatan ini, Gubernur Sumsel Herman Deru bersama Gubernur Kaltim H Isran Noor menjadi saksi atas pelantikan IKABES Sriwijaya Kota Samarinda tersebut dengan menandatangi surat keputusan IKABES Sriwijaya Kota Samarinda Provinsi Kaltim.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kaltim yang sudah menerima keberadaan warga Sumsel dengan penerimaanbegitu baik dan dirinya mengaku bangga atas undangan yang disampaikan padanya. Sebagai wujud ungkapan terimakasih dia menyempatkan diri untuk hadir. Jauh datang dari kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan.

“Saya sangat bangga begitu mendapat undangan dari oleh masyarakat Sumsel yang berada di Kaltim. Kehadiran saya di sini merupakan wujud ungkapan terimakasih warga Sumatera Selatan,” tegasnya.

Lebih lanjut Herman Deru mengingatkan kepada warga Sumsel yang berada di Kaltim untuk selalu mengikuti aturan yang berada di Kaltim begitu juga etika dan adat istiadatnya.

“Saya tidak mau mendengar ada orang Sumsel berurusan Hukum disini. Aku juga minta dikemajauan zaman saat tidak menghilangkan ciri khas kito, karena Sumsel terkenal keramah tamahannya hampir sama dengan Pulau Jawa, karena Sumsel itu orangnya terkenal baik,” ungkapnya.

Gubernur Herman Deru mengapresiasi apa yang sudah di inisiasi oleh IKABES Provinsi Kota Samarinda Provinsi Kaltim sehingga membuat hubungan yang lebih baik lagi bukan hanya saja personal akan tetapi juga antar daerah. Kedepan dia mengharapkan ada  kerjasama . Antara Pemprov Sumsel dengan Pemerintah Provinsi Kaltim dalam bentuk apapun yang dinilai bisa di kerjasamakan demi kemajuan kedua Provinsi tersebut.

“Terima kasih sudah melayani kami disini dengan disambut dan ditempatkan dengan baik. Kami akan selalu mengingatkan kebaikan warga Kaltim,” Katanya.

Tak lupa Orang nomor satu di Sumsel itu menyampaikan salam kepada seluruh warga Sumsel yang ada di Kaltim dengan mengajak untuk terus mendukung kebijakan Gubernur Kaltim.

“Sampaikan salam saya untuk seluruh warga Sumsel dipenjuru Provinsi Kaltim,”tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Kaltim Isran Noor mengucapkan selamat datang kepada Gubernur Sumsel Herman Deru beserta rombangan di Kaltim. Dia juga mengucapkan selamat kepada kepengurusan IKABES Sriwijaya Kota Samarinda yang baru saja dilantik. Dia berharap keberadaan masyarakat Sumsel yang berada di Kaltim dapat menjadi jembatan  dalam menjalin persaudaraan antara Kaltim dan Sumsel.

“Saya menyambut dengan baik atas keberadaan IKABES Sriwijaya baik kepengurusan Provinsi maupun di Kabupaten/Kota. Jangan kuatir bagi saya tidak membeda-bedakan mana masyarakat Kaltim dan Sumsel, itu semua sama,” tegasnya.

Selaku Ketu Panitia Pelaksana IKABES H Faisal Nangyu mengucapkan selamat datang kepada Gubernur Sumsel Herman Deru bersama rombongan yang telah dapat hadir jauh datang dari Palembang ke Kaltim.

‘Kami berterima kasih kepada gubernur Sumsel serta ibu dan rombangan, jauh -jauh dari Kota Palembang untuk bisa bersilaturuhmi dengan kami yang berada di Kaltim,” katanya.

Dia merinci anggota Sriwijaya yang berdomisili di Kota Samarinda Provinsi Kaltim sebanyak 1.200 orang. IKABES merupakan ikatan Sriwijaya yang berada di Kaltim yang berasal dari beberapa daerah di Sumatera Selatan.

Sementara itu Ketua IKABES Sriwijaya Kota Samarinda periode 2018-2019 Rusdi Doviyanto mengatakan, ikatan Sriwijaya ini telah berdiri sejak tahun 1987 namun namanya yang dulu IKS dan sekarang IKABES. Sebagai ketua, dirinya akan menjalankan amanah dan tanggung jawapat dengan sebaik mungkin.