Detak-Palembang.Com PALEMBANG – PT HM Sampoerna Tbk bersama retail binaannya Sampoerna Retail Community (SRC) menggelar SRC Expo di Palembang Trade Center Mall (PTC), Sabtu (10/11).

Program pemberdayaan UMKM mendapat dukungan dari Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru (HD) dengan kehadirannya dan secara resmi membuka SRC Expo. HD berpesan agar UMKM terbuai dengan cerita usaha-usaha besar. Usaha-usaha besar penting tetapi usaha menengah dan kecil di desa sebagai soko guru ekonomi juga sangat penting.

“Saya berterima kasih kepada pelaku usaha menengah dan kecil karena mereka ekonomi Sumsel bertahan dengan laju ekonomi yang tidak memalukan karena peran pelaku usaha menengah dan kecil, juga kepada PT HM Sampoerna yang telah membina,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan akan menjadi pelayan, mempermudah perizinan dan bantuan permodalan. Namun ia juga menyampaikan agar pelaku usaha juga rekam jejak kedisiplinan memenuhi kewajiban-kewajibanya.

“Saya minta kepada SRC untuk tidak menghilangkan ketradisionalannya dengan memberikan space untuk adanya tawar-menawar. Agar seni pergaulan dan silaturahmi terbangun dari situ,” pesannya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Wilayah Sumbagsel Sampoerna, Rianto Probo Hartono juga meyakini bahwa berkembangnya iklim UMKM akan terjadi bila ada sinergi antar pemerintah dan swasta dan pada akhirnya roda perekonomian daerah akan bergulir

“Pemberdayaan UMKM merupakan upaya Sampoerna mendukung pemerintah mengakselerasi kemandirian ekonomi baik di tingkat nasional maupun daerah,” katanya.

Untuk itu perusahaan Sampoerna membuat program “Sampoerna Untuk Indonesia”. Expo diselenggarakannya untuk mitra retail binaan dan juga untuk menjangkau pelaku UMKM, menggali potensi dan membuka akses terhadap berbagai peluang bisnis.

“Program ini SMC berkelanjutan dalam bentuk pembangunan kapabilitas yang terintegrasi dalam memberdayakan UMKM. Kita fokus pada dua sektor yakni : retail tradisional melalui SRC dan wirausaha lain melalui Pusat Pelatihan Kewirausahaan (PPK),” ujarnya.

Ia juga mengatakan Expo merupakan kegiatan tahunan. Setiap tahun Sampoerna mengundang ratusan pelaku UMKM untuk berpartisipasi untuk memamerkan produk serta memperluas jaringan.