Detak-Palembang.com PALEMBANG – Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda mengapresiasi tinggi untuk jenis usaha industri kreatif rumahan dan kelompok yang bisa meningkatkan perekonomian bagi masyarakat kecil. Tidak hanya itu, usaha lainnya yang menyangkut khas suatu daerah di kota Palembang seperti kain Songket dan makanan khas Pempek menjadi primadona menuju Asian Games 2018.

Dalam kunjungannya ke kelompok industri kreatif rumahan tenun songket di jalan Kikemas Rindo Kelurahan Ogan, Fitri mengatakan kebudayaan tenun ini harus dilestarikan, mengingat kemajuan zaman sangat mempengaruhi pola generasi muda untuk melanjutkannya.

“Maka dari itu warisan dan kebudayaan tenun ini harus dilestarikan, seperti yang  kita lihat sekarang ini. Kelompok Usaha Pengerajin Songket (KUPS) kota Palembang binaan pak aang Kurniawan ini telah membina 35 kelompok tenun songket selama puluhan tahun,” jelasnya.

Sementara ditempat yang sama, Nurhayani (90) mengaku jika pengerjaan songket ini membutuhkan waktu selama satu bulan dalam pengerjaanya. Satu kelompok ada dua orang yang mengerjakannya.

“Kami sangat mengharapkan sekali bantuan dari pemerintah untuk mensuport pengerajin seperti kami ini, alhamdulilah perhatian Pemkot Palembang sudah memperhatikan usaha kecil seperti kami ini,” tutupnya.