Detak-Palembang.com PALEMBANG – Mendekati masa Pemilihan Umum legislatif dan Presiden pada 2019 mendatang, Walikota Palembang H. Harnojoyo menegaskan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Palembang harus menjaga netralitas. 

Hal ini disampaikan Harnojoyo saat Rapat Paripurna DPRD Kota Palembang dengan agenda jawaban Walikota Palembang terhadap pandangan umum fraksi-fraksi, Kamis (18/10/2018).

“Menanggapi pernyataan dari mayoritas Fraksi DPRD Kota Palembang terkait netralitas ASN pada pemilu 2019 mendatang, kami tegaskan ASN Kota Palembang wajib menjaga netralitasnya,” ungkap Harnojoyo.

Harnojoyo mengatakan, untuk mewujudkan netralitas ASN, dirinya akan melibatkan Inspektorak sebagai pengawas internal ASN.

“Kami bentuk tim khusus dari inspektorat untuk mengawasi netralitas ASN pada pemilu 2019, jangan sampai ada ASN yang mendukung dan mempromosikan salah satu calon legislatit maupun calon presiden, selain itu kami juga akan berkordinasi dengan Panwaslu kota Palembang dalam melakukan pengawasan ini,” kata Harnojoyo.

Sebelumnya, beberapa fraksi DPRD Kota Palembang meminta jawaban Walikota Palembang tentang ketegasan Walikota Palembang terhadap netralitas ASN, seperti yang diungkapkan juru bicara fraksi Nasdem, Sarifudin.

“Saat ini baik pemilu legislatif maupun presiden sudah memasuki masa kampanye, kami dari fraksi Nasdem tidak ingin melihat ASN terlibat dalam kampanye tersebut, karena ASN harus netral,” ungkap Sarifudin.

“Terimakasih kepada Walikota Palembang telah memberikan jawaban yang memuaskan karena komitmen beliau dalam menjaga netralitas ASN, semoga bisa dijalankan dengan baik oleh seluruh ASN Kota Palembang,” pungkasnya.