Detak-Palembang.com PALEMBANG – Walikota Palembang meminta  agar masyarakat  menjaga kebersihan air dan lingkungan di sekitar. Karena air merupakan komponen terbesar dalam kehidupan manusia. Air juga memperngaruhi terbentuknya kehidupan.



Hal ini disampaikan Walikota Palembang saat Sholat Jum’at berjamaah bersama masyarakat sekitar dan beberapa pejabat teras Pemkot Palembang di Masjid Nurul Falah Jalan Sei Leko Siring Agung Ilir Barat I Pakjo. Jumat, (24/03).

“Mari kita sama sama menjaga kebersihan air dan lingkungan sekitar, tempat-tempat aliran air dan sumber air. Baik airnya maka akan baik kehidupan,” ujar Harnojoyo.

Harnojoyo juga menambahkan manusia terbentuk bermula dari air dan 70 hingga 80% berat tubuh manusia adalah air. Bahkan bayi sebelum lahir hidup dalam air. Untuk itu air harus tetap terjaga kebersihan dan kualitasnya.

Selain itu lanjutnya, ⅔ isi bumi diisi air. Oleh karena itu air sangat mempengaruhi kehidupan.

“Kita juga harus menkonsumsi air dalam jumlah yang cukup banyak. Artinya air ini juga membentuk kehidupan dan perilaku manusia. Bayangkan jika kita menkonsumsi air yang kualitasnya buruk,” beber Walikota Palembang.

Selain mengharapkan masyarakat agar dapat menjaga kebersihan air, Walikota Palembang juga menyampaikan kegiatan Jumat berjamaah merupakan program pemerintah Kota Palembang, salah satu upaya memperkuat silaturrahmi dan membangun ukhuwah Islamiyah antar Pemerintah Kota dan masyarakat.

“Kegiatan Shalat Jum’at berjamaah ini kami lakukan selain untuk menjalin silahturahmi antara Pemerintah Kota dengan masyarakat, juga sebagai ajang untuk menyampaikan program dan kebijakan Pemkot serta mendengar keluhan-keluhan masyarakat,” ujar Harnojoyo.

Ia menambahkan, Pemerintah Kota Palembang berkomitmen pada tahun ini mengadakan gerakan Shalat Jum’at berjamaah setiap Jum’atan, tidak lain untuk lebih mendekatkan dirinya dan SKPD Pemkot Palembang kepada masyarakat kota Palembang.

“Momen Sholat Jum’at seperti ini dapat menumbuhkan hubungan yang harmonis antara warga dan pemerintah kota Palembang, karena tanpa ada dukungan semua elemen masyarakat tidak mungkin program pemerintah bisa berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Sebelum melaksanakan shalat Jum’at secara berjamaah, Walikota Palembang H Harnojoyo memberikan bantuan berupa uang tunai dan Al-Quran serta mengingatkan masyarakat akan pentingnya bergotong royong guna memberikan kenyamanan didalam lingkungan.