Detak-Palembang.com PALEMBANG – Dalam menyambut datangnya fenomena alam gerhana bulan total atau Super Blue Blood Moon, Walikota Palembang H. Harnojoyo melaksanakan sholat gerhana di Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (TPKS) kecamatan Gandus Palembang, Rabu malam (31/01).

Bersama masyarakat sekitar dan beberapa komunitas pemuda, Harnojoyo dengan khusuk melaksanakan sholat Isya berjamaah dilanjutkan dengan sholat gerhana Bulan.

Beberapa jamaah sholat gerhana merasa kaget dengan kehadiran orang nomor satu di kota Palembang tersebut, karena tidak mengetahui bisa sholat gerhana bersama Walikota Palembang.

Harnojoyo mengatakan, sholat gerhana yang dilaksanakan sebagai bentuk ibadah melaksanakan anjuran Rasulullah SAW.

“Seperti yang telah dianjurkan Rasulullah, ketika datang gerhana, hendaklah melaksanakan sholat gerhana, Alhamdulillah malam ini kami bisa melaksanakannya bersama masyarakat disini, semoga selalu dinaungi keberkahan,” kata Harnojoyo.

Disinggung mengapa memilih TPKS sebagai tempat sholat gerhana, Harnojoyo menuturkan karena dekat dengan kediaman pribadinya.

“Kebetulan dekat dengan rumah kami, dan kami dapat informasi, beberapa komunitas anak muda menggelar sholat disini, makanya kami berinisiatif untuk melaksakannya di TPKS ini, usai sholat bisa melihat langsung gerhana Bulan sebagai bukti kebesaran Allah SWT,” ujar Harnojoyo.

Sementara itu, Imam Sholat Gerhana Ustadz Syafruddin mengaku sangat senang bisa sholat gerhana bersama Walikota Palembang.

“Pak Walikota memberikan contoh yang baik untuk masyarakatnya, beliau mengajarkan untuk menyambut gerhana dengan sholat dan zikir kepada Allah,” ujar Syafruddin.