Detak-Palembang.com PALEMBANG – Walikota Palembang, Harnojoyo, Selasa (8/1/2019) secara langsung meresmikan Jembatan Musi IV (Musi IV Extradosed Bridge Palembang), Selasa (8/1/2019).

Jembatan yang memiliki panjang 1130 meter, untuk sisi Ulu sepanjang 353 meter, dari sisi Ilir 464 meter dan bentang utama 313 meter, dengan lebar jembatan 12 meter akan menjadi solusi pengurai kemacetan yang mengular di atas Jembatan Ampera.

“Hadirnya jembatan Musi IV ini menjawab keluhan masyarakat akan kemacetan yang selama ini terjadi, Insyaa Allah (jembatan musi IV,) sudah bisa kita pergunakan, “ungkap Harnojoyo.

Harnojoyo menyebut, pembangunan jembatan Musi IV ini tidaklah mudah, mulai dari alokasi anggaran hingga proses pembebasan lahan mulai diusulkan sejak tahun 2010 dimana saat itu masih menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Palembang.

“Untuk itu saya meminta kepada masyarakat, mari kita jaga sama-sama jembatan ini yang susah payah kita dapatkan setelah 36 tahun kita hanya memiliki jembatan Ampera. Alhamdulillah, awal tahun ini masyarakat bisa menggunakan jembatan Musi IV,” terangnya.

Sejak mulai dilakukan simulasi lalulintas pada 3-4 Januari lalu, tingkat kemacetan di jembatan Amperan turun hingga 40 persen.

“Tapi memang kemacetan terjadi di Jalan Azhari dan kita sudah koordinasikan demgan Dinas PU Binamarga Sumsel untuk anggaran pembebasan lahan menuju Ke Jalan Ahmad Yani, “jelas Harnojoyo.

Harnojoyo mengaharapkan hadirnya jembatan Musi IV ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Palembang.

“Mudah-mudahan ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Palembang, karena tidak macet-macetan lagi di Ampera, tingkat perekonomian bisa meningkat, “harapnya.