Detak-Palembang.com PALEMBANG – Walikota Palembang H. Harnojoyo menghadiri acara bimbingan manasik haji, Senin (25/6/2018), di Masjid Agubg Palembang. 

Bimbingan manasik tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan sebelum melaksanakan kegiatan haji sebenarnya di tanah suci.

Turut hadir dalam acara tersebut, Gubernur Sumatera Selatan, H. Alex Noerdin.

Dalam sambutannya, Walikota Palembang Harnojoyo mendoakan para calon jamaah selamat sampai tujuan serta ketika pulang ke tanah air menjadi haji yang mabrur.

“Selamat menjalankan ibadah haji semoga bapak ibu sekalian menjadi Haji yang mabrur,” kata Harnojoyo.

Harnojoyo juga mengingatkan para calon jamaah untuk menjaga kesehatannya selama berada di tanah suci Mekkah, dan juga doakan pemerintahan Kota Palembang berjalan lancar.

“Semoga bapak/ibu selamat sampai tujuan begitu pula dalam perjalanan pulang ke tanah air, dan saat telah pulang dari tanah suci menjadi haji yang mabrur sebagai percontohan bagi masyarakat,” ungkapnya.

Tak lupa Harnojoyo berpesan kepada seluruh calon jemaah haji untuk mendoakan kebaikan kota Palembang.

“Jangan lupa, doakan kota Palembang agar senantiasa menjadi kota yang dirahmati Allah SWT,” kata Harnojoyo.

Ditempat yang sama,  Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengimbau agar para calon jamaah haji tetap menjaga kebugaran tubuh sebelum berangkat haji serta tidak menghambur-hamburkan uang saat berada di tanah suci.

“Jamaah yang berasal dari Indonesia saya yakin semua penurut dan tidak akan merepotkan pemerintah negara Arab Saudi, karena kita terutama di Sumsel adalah wilayah yang terkenal dengan zero konflik,” pungkasnya

Selain itu, Gubernur juga menjelaskan fasilitas yang dimiliki oleh Asrama Haji Palembang yang dibuat khusus untuk kegiatan manasik haji sehingga melatih para calon jamaah untuk mengikuti sederet kegiatan dari menaiki pesawat hingga proses pelaksanaan ibadah selesai.

Fasilitas yang disediakan salah satunya adalah replika pesawat terbang bermuatan 40 penumpang. Berikut dengan pramugari yang akan menuntun para calon jamaah selama 2 hari, bagaimana saat berada di pesawat hingga ke urusan kamar kecil.