Detak-Palembang.com ACEH BESAR – Komando Rayon Militer (Koramil) 21/Blang Bintang, Komando Distrik Militer (Kodim) 0101/BS, turut serta dalam Aksi 13.000 Tanam Pohon pada peringatan Hari Pohon Sedunia Tahun 2017, bertempat di Pangkalan Udara Sultan Iskandar Muda (Lanud SIM), Kecamatan Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, Sabtu (18/11). 

Aksi Tanam Pohon tersebut dipelopori oleh kelompok Teater Terbuka Museum Tsunami Aceh sebagai Koordinatornya Almuniza Kamal, SSTP, hadir dalam mendukung kegiatan Aksi ini diantaranya, Danlanud SIM, Relawan P3AU, PIAU, Rumah Zakat,  BPDASHL Krueng Aceh, Kreung Aceh serta siswa siswi SMA Al-Athiyah.

Aksi tanam pohon tersebut dalam rangka memperingati Hari Pohon Sedunia Tahun 2017, dengan mengangkat moto “Hijaukan Aceh Dengan Menanam Pohon. Tanam Pohon Tanam Kehidupan. Tanam Pohon untuk Masa Depan”

Serka Mulyono Syarif yang ikut langsung dalam kegiatan itu mengatakan , kegiatan ini merupakan bentuk dukungan aparat kewilayahan dalam rangka memperingati Hari Pohon Sedunia, Serka Mulyono juga mengatakan dengan adanya penanaman pohon ini semoga dapat mengurangi pemanasan Global di Indonesia khususnya Daerah Aceh, yang dapat menyebabkan kekeringan, kebakaran hutan, banjir dan juga longsor. Sehingga dengan menanam pohon dapat membantu menangani permasalahan tersebut.

Lanjut Serka Mulyono mengatakan, pohon berperan besar dalam mengendalikan banjir dan longsor. Hal itu dikarenakan akar tumbuhan mampu mengikat dan memperkuat struktur tanah sehingga tanah menjadi kuat dan tidak mudah longsor, selain itu manfaat penting lainnya yang tidak begitu diketahui  masyarakat yakni manfaat ekologis. Berperan dalam mengurangi zat pencemar udara dan penghasil oksigen melalui proses fotosintesis.