Detak-Palembang.com PALEMBANG – Gubernur Sumsel Alex Noerdin menghadiri Opening Ceremony Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) 2018 yang digelar di pusat perbelanjaan Palembang Indah Mall (PIM), Jumat (16/3) sore. Tak pelak kehadiran Alex Noerdin ini jadi buruan pengunjung yang ingin berswafoto bersama.

Mengenakan kemeja biru muda, Pelopor Sekolah dan Berobat Gratis itu datang sekitar pukul 16.00 WIB sore. Usai memberikan sambutan sekaligus membuka acara, Gubernur Sumsel Alex Noerdin didampingi Direktur Marketing dan Teknologi Informasi Garuda Indonesia, Nani Sulistyowati serta Regional Chief Executive Officer Region II Bank Mandiri, Aribowo langsung meninjau peserta GATF 2018 satu persatu di atrium.

Kesempatan ini tak dilewatkan begitu saja oleh sejumlah pengunjung untuk mengabadikan gambar gubernur kesayangannya. Tak sedikit bahkan yang meminta langsung kepada mantan Bupati Muba tersebut untuk selfie bersama.

Dikatakan Alex Noerdin, apa yang dilakukan Maskapai Garuda Indonesia selama ini sangat luar biasa karena Garuda banyak memberikan kontribusinya mendukung pariwisata di Sumsel. Mengingat prestasinya yang sudah diakui dunia, sudah sepantasnya Garuda Indonesia menjadi maskapai terdepan di Sumsel dan Indonesia.

“Beri tepuk tangan untuk Garuda yang telah menyelenggarakan acara ini. Semoga ke depan Garuda bisa memberikan dukungan yang lebih untuk Sumsel terutama saat menyambut Asian Games Agustus mendatang,” ujarnya.

Mengenai Asian Games lanjut Alex Noerdin, masyarakat Sumsel harusnya bangga Palembang bisa ditunjuk menjadi tuan rumah mendampingi Jakarta. Penunjukan itu bukan semata-mata hadiah dari panitia namun penuh perjuangan.

Setidaknya ada tiga hal yang dirintis Sumsel yang kemudian menjadi alasan dipilihnya Palembang sebagai tuan rumah. Pertama Sumsel terkenal zero konflik yang kedua Sumsel punya pengalaman sejak PON, Sea Games dan ISG jadi memang terbiasa menyelenggarakan event kelas internasional.

“Yang ketiga kita punya pusat olahraga terlengkap di Indonesia yang terintegrasi di satu komplek. Komplek Jakabaring ini standarnya internasional jadi wajar kalau kita dipilih mendampingi Jakarta. Daerah lain belum ada yang punya fasilitas olahraga seperti ini jadi kita harus bangga,” jelasnya.

Bukan itu saja, dengan adanya Asian Games, Sumsel tak hanya terkenal tapi juga berkembang semakin pesat. Karena Asian Games Sumsel banyak mendapat prioritas pembangunan infrastruktur yang megah salah satunya LRT.

“Jadi harap maklum saja kalau sekarang harus bermacet-macetan. Saya janji 3 bulan sebelum Asian Games semua sudah beres. LRT akam segera kita operasionalkan bulan Juni,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Marketing dan Teknologi Informasi Garuda Indonesia, Nani Sulistyowati dalam sambutannya mengungkapkan GATF ini sudah kesekian kali mereka gelar di Indonesia. Untuk tahun ini di Palembang GATF 2l digelar mulai tanggal 16 hingga 18 Maret mendatang.

Atas nama Garuda, Nani mengucaokan banyak terima kasih atas respon masyarakat terhadap GATF. Dikatakannya GATF sebenarnya sudah mulai mereka lakukan sejak tahun 2009, kemudian lantaran animo masyarakat yang tinggi sejak 2015 GATF yang sedianya digelar satu tahun sekali menjadi 2 kali dalam setahun.

“Harapan kami GATF ini bisa memberikan kemudahan agar masyarakat bisa bepergian. Kami tidak hanya menawarkan tiket pesawat saja  tapi juga one stop shopping karena adanya juga travel dan paket wisata,” jelasnya.

Dengan adanya Asian Games nanti di Palembang, Nani juga berharap Kota Palembang bisa mendatangkan lebih banyak warga internasional ke Palembang. ” Ini pemanasan dulu sebelum Asian Games. Dengan GATF kita tidak hanya mengundang masyarakat untuk melakukan perjalanan pariwisata tapi juga mendorong warga internasional untuk ke Palembang,” tutupnya.