Detak-palembang.com MURATARA – Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menghadiri peringatan hari jadi ke-5 Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) yang ditandai dengan rapat Paripurna Istimewah V DPRD Kabupaten Musi Rawas Utara dalam rangka memperingati hari jadi ke-5 Kabupaten Muratara di ruang rapat Paripurna DPRD Kabupaten Muratara, Senin (11/6).

Rapat Paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Musi Rawas Utara, Efriansyah. Peringatan hari jadi ke-5 Kabupaten Muratara mengangkat tema “Dengan semangat peringatan hari jadi ke-5 Kabupaten Musi Rawas Utara kita wujudkan kerja bersama, nyata berkualitas dan transparan menuju Musi Rawas Utara Bangkit”.

Dalam sambutannya Gubernur Sumsel Alex Noerdin menyampaikan apresiasi dan rasa bangga kepada Pemerintah Kabupaten Muratara karena walaupun sebagai Kabupaten termuda di Sumsel sudah mampu memiliki prestasi luar biasa.

“Saya mengapresiasi berbagai prestasi yang luar biasa dan dikejar dalam waktu yang singkat oleh Muratara. Menurut saya ada satu prestasi yang terpenting yaitu Muratara berhasil mendapatkan Opini WTP terhadap laporan keuangan, ini sebagai bukti pengelolaan keuangan Pemerintah Kabupaten Muratara sangat baik,” ungkap Alex.

Lanjut Alex, dirinya bangga terhadap perkembangan kabupaten pemekaran Muratara dengan fasilitas dan sumberdaya alam sangat luar biasa khususnya di bidang pertanian.

“Dengan Pertanian dan Industrinya saya yakin Muratara bisa lebih maju sejajar dengan Kabupaten lainnya di Sumatera Selatan. Tetapi, harus diingat bahwa membangun daerah tidak akan cukup hanya dengan menggunakan dana APBD,” tegas Alex.

Sementara itu, Bupati Musi Rawas Utara, H.M. Syarif Hidayat mengatakan, di usia yang ke-5 tahun Kabupaten Muratara telah meraih berbagai prestasi dan penghargaan hingga eksistensi Muratara sudah diakui daerah lain bahkan secara nasional. Walaupun, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan Kabupaten termuda di Provinsi Sumsel ini, termasuk pembangunan fisik dan peningkatan kwalitas pelayanan masyarakat.

Perkembangan Kabupaten Muratara dari tahun ke tahun mengalami banyak kemajuan berkat pencapaian pembangunan infrastuktur, ekonomi, pendidikan, kesehatan, pariwisata dan lainnya.

Di bidang Infrastruktur Pemerintah Kabupaten Muratara fokus pada infrastruktur dasar seperti pembangunan Jalan, Jembatan, fasilitas pendidikan, dan kesehatan. Kemudian, sarana dan prasarana air bersih, listrik serta peningkatan pelayanan publik.

Kemudian di bidang ekonomi, Kabupaten Muratara telah berhasil menurunkan angka kemiskinan sebesar 0,51 persen. Selain itu, melalui Dinas Pertanian Muratara berhasi surplus beras lebih dari 4000 ton.

Bidang Pendidikan, Muratara telah mengirimkan 360 anak untuk bersekolah secara gratis di beberapa pondok pesantren ternama di pulau Jawa dan Sumatera Barat. Kemudian melalui Dinas Sosial, Pemkab Muratara membiayai sekolah bagi 447 anak dari Suku Anak Dalam (SAD).

Di bidang Kesehatan, Muratara telah menyiapkan dana sebesar Rp50 miliar untuk seluruh Puskesmas di Muratara baik untuk pembangunan gedung, penyediaan peralatan medis serta peningkatan mutu pelayanan kesehatan.

“Kabupaten Muratara telah meraih prestasi dan penghargaan di berbagai bidang baik dari Pemerintah Provinsi maupun pemerintah pusat. Salah satunya prestasi tersebut yakni Muratara telah meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Muratara,” terang Syarif Hidayat.