Detak-Palembang.com PALEMBANG – Akhirnya masyarakat di kecamatan Gandus merasa lega dengan pembangunan dan perbaikan tahap pertama di Jalan Lettu Karim Kadir Kecamatan Gandus Palembang yang dimulai sejak awal Maret lalu kini telah hampir selesai. Upaya ini perbaikan berkat inisiasi Walikota Palembang H. Harnojoyo saat masih aktif menjabat sebagai Walikota Palembang.

Dan untuk tahap pertamanya telah dikerjakan pada Maret 2018 sepanjang satu kilometer (km) dari total panjang jalan empat km, di mana 1 km tersebut merupakan titik yang paling parah kerusakannya.

Dalam proses akhir pengerjaan tahap pertama ini ditinjau langsung oleh Penjabat Sementara (PJs) Walikota Palembang Akhmad Najib, Jumat (25/5) lalu.

Dalam tinjauannya ini Akhmad Najib menekankan kepada para pekerja agar pekerjaan dikebut sehingga sebelum lebaran sudah selesai.

“Alhamdulillah pengerjaannya terus berjalan, saya minta percepatan agar sebelum lebaran ini jalan sepanjang 1 km mulus, sehingga masyarakat gandus bisa menikmatinya,” ungkapnya.

Najib juga mengimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga apanyang telah dibangun oleh Pemerintah tersebut.

“Kepada masyarakat mari kita jaga dan kita rawat jalan ini, khusus untuk kendaraan berat yang kerap kali melintas dan ditengarai sebagai sebab rusaknya jalan, kedepan akan kita buat peraturannya, bagaimana sistemnya,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU PR) Kota Palembang, Bastari menjelaskan, pada 2018 ini Pemerintah Kota Palembang telah menganggarkan Rp5,8 Milyar untuk perbaikan jalan gandus, dan diperuntukkan sepanjang 1 km dari total 4 km.

“1 km ini titik yang paling parah, menjadi prioritas utama perbaikan, untuk sisasanya akan kita anggarkan tahin depan,” jelasnya.

Bastari menambahkan, perbaikan jalan ini telah sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Kementerian PU.

“Kualitasnya sudah sesuai standar, yakni dengan ketebalan pondasinya 10 cm, ketebalan betonnya 28 cm, totalnya 38 cm, jadi kita tidak mengejar panjang jalan, namun yang kita priorotaskan adalah kulaitasnya, bisa saja dengan dana 5,8 Milyar kita kerjakan sepanjang 4 km, namun baru satu tahun akan rusak lagi,” paparnya.

Terpisah, salah satu warga yang tinggal di kawasan jalan karim kadir ,RT 25 Gandus, Wartoyo mengatakan sangat berterimakasih kepada Pemerintah Kota Palembang yang telah memperbaiki jalan lettu katim kadir ini.

“Terimakasih sekali, akhirnya jalan kami bisa mulus, tidak khawatir lagi kalau naik kendaraan,” akunya.

Wartoyo menambahkan, selama ini kerusakan yang terjadi akibat mobil berat yang sering melintas.

“Setiap hari mobil berat itu melintas, bahkan kalau melintas sampai terasa goyangan tanahnya, wajar kalau rusak, semoga kedepan ada solusinya,” pungkasnya.