Detak-Palembang.com PALEMBANG- Seluruh masyarakat Provinsi Sumsel, Sabtu (4/8) antusias merayakan impian yang menjadi kenyataan yakni Asian Games Torch Relay 2018 atau Perjalanan kirab obor. 

Kedatangan api perpaduan dari India dengan Api Mrapen Yogyakarta ini juga disambut oleh Menteri Pertahanan Republik Indonesia Ryamizard Ryacudu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., Kapolri Jenderal Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A.,Ketua Umum Inasgoc Erick Tohir.

Seluruh masyarakat Provinsi Sumsel tampak  antusias berkerumun memadati sepanjang jalan protokol untuk menyaksikan Kirab Obor. Antusias warga ini sangat beralasan karena setelah kirab obor ini artinya  Kota Palembang tidak lama lagi akan menjadi tuan rumah event olahraga international Asian Games.

Sebelum Obor Asian Games diarak mengelilingi Kota Palembang, Pagi harinya tinder box yang berisi api abadi Asian Games 2018 dibawa oleh 52 penerjun dari Pasukan khas (Paskhas) TNI AU. Api obor Asian Games diserahkan langsung oleh Menteri Pertahanan Republik Indonesia Ryamizard Ryacudu kepada Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin menjadi pembawa obor pertama dan berlari kurang lebih 50 meter sebelum menyerahkan obor ke Kapolri Jenderal Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A..

Dalam kesempatan yang sama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.,  mengatakan, 54 penerjun membawa api Asian Games, memaknai bahwa harus mengingat dirgantara adalah satu kekayaan dimana menurutnya dirgantara mampu mengamankan wilayah.

Menurutnya api Asian Games akan mengikat persatuan dan kesatuan Republik Indonesia.

“Kita harus ingat bahwa dirgantara adalah satu kekayaan, melalui dirgantara kita bisa mendapatkan sesuatu yaitu diantaranya adalah kita bisa mengamankan wilayah, dan hari ini kita kawal api obor Asian Games,” tuturnya.

“Wilayah Indonesia ini wilayah yang luas, kita memaknai bahwa api Asian Games akan mengikat semua wilayah dengan cara mengelilingi seluruh wilayah yang ada di Indonesia,” tambahnya.

Sementara Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan dengan bangga, pawai obor Asian Games ini adalah impian dari seluruh rakyat Provinsi Sumsel yang sejak dulu sudah menanti-nanti hadirnya Asian Games di Kota Palembang.

Dikatakannya, Provinsi Sumsel telah berpengalaman mengukir sejarah menyelenggarakan event-event international mulai dari Pekan Olahraga Nasional (PON) 2004, Sea Games 2011, Islamic Solidarity Games 2013 dan Asean University Games 2014, serta yang paling ditunggu-tunggu yakni Asian Games 2018.

“Antusiasme rakyat Provinsi Sumsel luar biasa karena Asian Games di Palembang di Provinsi Sumsel membawa kegembiraan bagi seluruh rakyat. Dengan adanya Asian Games kota ini menjadi kota paling cantik di Indonesia,” ungkapnya.

Menurutnya, Kota Palembang sudah sangat siap menjadi tuan rumah Asian Games mulai 18 Agustus nanti. Terlebih Provinsi Sumsel didukung penuh oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, hingga masyarakat.

“Akhirnya jadi kenyataan dan dapat kita lihat hari ini, the dream comes true,” katanya ditemui usai menyerahkan obor kepada Kapolri.

“Kalau tidak siap tidak akan jadi tuan rumah, persiapan kami sejak bertahun-tahun yang lalu insha Allah siap 100 % Palembang. Bersama seluruh rakyat, pemerintah baik pemerintah pusat maupun daerah turut mendukung menyukseskan Asian Games 2018,” pungkasnya.