Detak-Palembang.com PALEMBANG – Kabar menggembirakan kembali datang dari pemimpin Provinsi Sumatera Selatan H. Alex Noerdin. Senin (3/9), Gubernur Sumsel itu dinobatkan sebagai Honorary Head Coach atau Pelatih Kepala Kehormatan dari Junior National Basketball Association (Jr.NBA). 

Penghargaan pertama kali di Asia ini diserahkan langsung oleh oleh Associate Vice President – Global Marketing Partnerships NBA Asia Limited Jim Wong. Penghargaan ini merupakan wujud terimakasih atas dukungan Gubernur Sumsel Alex Noerdin terhadap pelaksanaan Jr. NBA di Provinsi Sumsel.

Terkait hal itu, Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengaku bangga atas diberikannya penghargaan yang memang pertama kali di Asia. Ia menuturkan, Jr. NBA sangat berterimakasih terhadap pelaksanaan pelatihan basket di Sumsel yang sudah menjadi contoh bagi banyak negara lain.

“Ini yang pertama di Asia, bahkan yang dilakukan di Provinsi Sumsel itu sudah mau ditiru di berbagai negara seperti Thailand, Malaysia dan Vietnam. Yang kita lakukan itu adalah melakukan pelatihan hampir kepada 2.000 guru di 17 kabupaten kota melibatkan hampir 5.000 murid baik dari sekolah maupun madrasah ibtidaiyah,” tuturnya.

Sebagai kelanjutannya, kata Alex Junior NBA akan melakukan pelatihan kepada sekaligus 5000 pelatih dan guru olahraga basket yang akan memecahkan rekor, di PSCC tanggal 20 September mendatang.

“Untuk penghargaan ini merupakan suatu apresiasi pada Sumsel karena yang mereka lakukan beberapa waktu yg lalu keliling ke 6 kabupaten/kota mewakili 17 kabupaten/kota merupakan yang pertama kali Jr. NBA lakukan. Mereka sangat takjub keterbukaan para pihak semua yang terlibat baik Pemerintah Provinsi maupun masyarakat,” terangnya.

Sementara itu perwakilan dari Jr.NBA, Jim Wong menambahkan, ia mengapresiasi kontribusi Gubernur Sumsel Alex Noerdin yang dengan semangatnya mampu mengembangkan program dari Jr.NBA ini.

“Sumsel bukan hanya jadi pioner di Jr.NBA tapi juga jadi pelaksanaan program model baru yang bisa diikuti tempat lain. Kami berharap program ini dapat dukungan semua pihak,” tambahnya.