Detak-Palembang.com PALEMBANG- Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menghadiri Pelantikan dan Pengukuhan Asosiasi SMK Pariwisata, Pengurus Kelompok Kerja Kepala (K3) SMK Pariwisata dan Launching Program One GM Hotel for One SMK Pariwisata Provinsi Sumsel sekaligus sosialisasi Asian Games XVIII tahun 2018, Rabu (6/6) di Griya Agung.

Alex menuturkan, dirinya sengaja mengumpulkan masyarakat untuk silaturahmi, karena acara ini juga dimanfaatkan untuk mensosialisasikan Asian Games 2018.

“Selamat datang di sini (Griya Agung) rumah milik rakyat Provinsi Sumsel. Sosialisasi Asian Games ini penting, supaya masyarakat tahu dan memahami manfaatnya Asian Games 2018 dalam pembangunan di Sumsel,” katanya

Pelopor sekolah gratis dan berobat gratis ini mengungkapkan, bahwa Asian Games adalah kompetisi terbesar kedua di dunia setelah Olimpiade, oleh karena itu masyarakat Sumsel patut berbangga hati berkesempatan menjadi tuan rumah.

Disampaikannya lagi, peran Sumsel dalam menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games sangat signifikan.

“Sumsel dipercaya menjadi tuan rumah karena telah terbukti sejak 2011 sampai sekarang setidaknya sudah 42 kali menggelar event internasional. Ini membuktikan Sumsel selain bisa membangun, memelihara juga mampu mengembangkan,” katanya

Menurut Alex,  Asian Games itu bukan tujuan, Asian Games itu sebagai alat mencapai tujuan. Dengan adanya Asian Games, Sumsel mendapat empat ruas jalan tol, Jembatan Musi IV dan Musi VI, underpas/flyover, rumah sakit, perluasan bandar udara, rumah sakit, fasilitas air bersih dan Light Rail Transit (LRT).

“Memang Asian Games banyak habiskan uang, tapi itu bukan dari APBD Sumsel. Melainkan dari APBN, Penyertaan modal negara dan pihak ketiga. APBD kita sudah digunakan utuk progam-program kemajuan Sumsel, pendidikan, kesehatan dan pembangunan, termasuk pembangunan dan perbaikan jalan,” pungkasnya.

Untuk melihat dan meyakinkan langsung bagaimana kesiapan Palembang menjadi tuan rumah, Alex memutarkan video progres persiapan Asian Games. Mulai dari pembangunan sarana infrastruktur pendukung, seperi LRT, Jembatan Musi IV dan VI, ditayangkan pula pembangunan puluhan venue di kawasan Jakabaring Sport City yang semuanya sudah rampung dikerjakan.

Pada kesempatan yang sama pula dilakukan  MoU Program One GM Hotel for One SMK Pariwisata. Kemudian dilanjutkan dengan berbuka puasa dan sholat maghrib berjamaah.