Detak-Palembang.com PALEMBANG- Terjawab sudah teka-teki yang sempat beredar selama ini. Teka-teki dan isu yang dimaksud adalah Gubernur tak merestui kalau Jon Heri jadi Ketua PWI Sumsel periode 2019—2024.

Namun semuanya cair dan terbantahkan, sebab Gubernur Sumsel Herman Deru secara tegas mendukung dan merestui Jon Heri untuk menjabat Ketua PWI Sumsel untuk lima tahun mendatang jika terpilih pada Konferwil PWI Sumsel yang dihelat tanggal 26—27 Februari mendatang di Asrama Haji Palembang.

‘’Tapi sebagai Gubernur dan Kepala Daerah Sumsel saya juga mendukung dan merestui kandidat lain jika mereka terpilih. Sebab amat dibutuhkan sinergisitas antara pers dan pemerintah guna mengemban amanah yang sama yakni memajukan pembangunan Sumsel ini,’’ cetus Gubernur saat menerima silaturahmi para ketua dan pengurus serta perwakilan PWI dari 13 kabupaten/kota, Rabu (23/1) sore di Ruang Tamu Gubernur Sumsel.

Di hadapan seluruh para Ketua Lintas Daerah PWI Kabupaten/Kota se-Sumsel, Gubernur Sumsel mengatakan wartawan adalah profesi yang membanggakan. Herman Deru mengaku keberadaan wartawan sangat penting terutama untuk menginformasikan pembangunan kepada masyarakat.

Dikatakan orang nomor satu di Provinsi Sumsel ini, membangun suatu daerah tidak hanya bertumpu pada pembangunan fisik saja, melainkan pembangunan yang bersifat ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan yang tidak saja didapat dari buku maupun didapat dari rumus-rumus tertentu bisa juga dari berita.

“Karena masyarakat sekarang mencari tahu pemberitaaan itu sudah lebih dari mencari sarapan, kalau tidak ada sarapan berarti tidak makan. Begitu juga sama, kalau tidak dapat info dicari-cari berita itu,” katanya.

Mengenai Ketua PWI yang lama pria yang akrab disapa Deru ini menilai bahwa mempunyai track record yang baik, karena sudah menjalin komunikasi yang sangat baik dengan pemerintah. Oleh sebab itu pula, ia mengimbau agar siapapun Ketua PWI yang terpilih, agar tetap mempertahankan apa yang sudah dilakukan ketua terdahulu.

“Oktaf punya track record yang baik, pertama apa yang sudah dibina oleh oktaf dulu pertahankan komunikasi yang terjalin baik dengan pemerintah,” tuturnya.

Suami dari Febrita Lustia Deru ini juga berharap agar Ketua PWI Sumsel menjadikan organisasi profesional dan tidak terlibat campur politik. Artinya tugas wartawan hanya mengedukasi masyarakat dengan berita-berita yang berimbang, yang terpenting adalah azaz profesionalisme.

“Jadi kita bersama-sama jadikan organisasi profesi ini, menjadi organisasi  yang penuh kharisma dan bermartabat. Syukur bisa menular ke seluruh wartawan,” tegasnya.

Selain itu orang nomor satu di Sumsel tersebut berpesan agar acara Konferwil PWI Sumsel nantinya berjalan lancar, tertib, dan kondusif serta menghasilkan Ketua PWI Sumsel yang amanah dan dapat menjalankan roda organisasi sebagaimana aturan yang ada.

Sementara itu Jon Heri melalui Ketua Tim Pemenangannya Kurnaidi mengatakan, bahwa para pengurus dan Ketua PWI dari 13 kabupaten/kota mendukung Jon Heri, kesepakatan itu dituangkan di Rumah Makan Ibad Daun beberapa waktu lalu.

‘’Dengan dikawal para ketua kabupaten/kota yang sudah berpengalaman memimpin PWI di daerah masing masing, maka Jon Heri dapat menjalankan roda organisasi dengan baik, dan bisa mengharumkan nama Provinsi Sumatera Selatan melalui organisasi profesi ini,’’ ungkapnya.

Lebih lanjut Kur mengatakan, kelegaannya atas pernyataan langsung Gubernur Sumsel tersebut. ‘’Artinya, Pak Gubernur memang benar-benar netral dan mendukung semua kandidat tanpa terkecuali kepada Saudara Jon Heri atau Don Jon pun beliau mendukung dan merestuinya,’’ tandasnya.

Suasana silaturahmi sendiri berjalan amat akrab dan penuh kekeluargaan. Bahkan sesekali, baik gubernur maupun awak media sempat tertawa lepas.