Detak-Palembang.com PALEMBANG Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menerima pengurus Komunitas Sosial Karya Alumni Menwa Indonesia dalam rangka kegiatan Muhibah Maritim Alumni Menwa, di Griya Agung Palembang, Rabu (14/3).

Rombongan tersebut meliputi wakil ketua pelaksana muhibah maritim, Benni Mulyadi berserta jajarannya dan perwakilan dari Lanal Palembang, Mayor Laut (PM) Wahid Komarudin, Mayor Laut (P) Agus Junaidi, dan Kapten Laut (P) Chadziqs.

Muhibah Maritim merupakan kegiatan pelayaran survey alur laut Palembang-Kuala Tungkal Provinsi Jambi yang dilaksanakan Alumni Menwa RI dengan peserta 150 orang dari 20 Provinsi se-Indonesia. Berbagai kegiatan akan digelar mulai dari sunatan dan pengobatan masal di Kuala Tungkal hingga penanaman 1000 pohon Mangrove.

Gubernur Sumsel, Alex Noerdin mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumsel sangat menyambut baik kegiatan Menwa tersebut dengan menyediakan fasilitas menginap bagi peserta di Asrama Haji Palembang.

Alex menyarankan agar seluruh peserta Muhibah Maritim dilakukan seleksi, 150 peserta yang boleh ikuh harus bisa berenang sebagai langkah antisipasi karena kegiatan akan dilaksanakan di laut.

“Penginapan akan kita bantu di Asrama Haji Palembang. laksanakan juga City Tour ke Jakabaring,ajak semua peserta melihat Jakabaring. Pagi tanggal 29 Maret nanti saya yang lepas peserta yang akan berangkat ke Kuala Tungkal,” ungkap Alex.

Ketua rombongan panitia pelaksana Muhibah Maritim, Benni Mulyadi mengatakan, Muhibah Maritim kegiatan yang baru pertama kali terjadi di Indonesia diikuti 150 orang peserta dari 20 Provinsi se-Indonesia yang sudah memastikan akan hadir.

Menurutnya, kegiatan ini sengaja digelar dalam rangka mendukung Nawacita Presiden RI Joko Widodo menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, di samping itu Sumsel sendiri memiliki sejarah kemaritiman yang sangat kuat pada masa kerajaan Sriwijaya.

“Kita mengharapkan bapak Gubernur bisa membuka kegiatan ini, dan melepas para peserta yang akan berlayar dari palembang ke Kuala Tungkal, Provinsi Jambi,” ungkapnya.

Sementara itu, Mayor Laut (PM) Wahid Komarudin mengatakan, Lanal Palembang siap mendukung kegiatan Muhibah Maritim Alumni Menwa ini dengan mendatangkan Kapal KRI milik TNI AL yang akan membawa peserta Muhibah Maritim dari Palembang menuju Kuala Tungkal.

“Akan datang kapal KRI TNI AL ARMABAR yang bisa mengangkut seluruh peserta, kita perkirakan perjalanan dari Palembang ke Kuala Tungkal bisa mencapai 20 jam pelayaran,” pungksanya.