Detak-Palembang.com PALEMBANG – Tim Komisi X DPR RI melakukan kunjungan spesifik ke Provinsi Sumsel khususnya Kota Palembang, Jumat (7/9). Kunjungan Tim Komisi X DPR RI yang dipimpin oleh Ketua Tim Djoko Udjianto bersama rombongan disambut Gubernur Alex Noerdin di Griya Agung Palembang.

Kunjungan spesifik yang dilakukan Komisi X DPR RI ke Provinsi Sumsel dalam rangka pengawasan secara langsung destinasi pariwisata dan pendidikan pariwisata di Poltekpar.

Djoko Udjianto mengatakan Pariwisata merupakan bidang strategis dalam konteks ekonomi nasional yang merupakan salah satu kunci pembangunan bangsa dan kesejahteraan masyarakat. Pariwasata merupakan salah satu sektor ekonomi yang terbesar dan tercepat pertumbuhannya di dunia termasuk di Indonesia.

“Sebagai contoh di tahun 2017, menunjukan wisatawan mancanegara datang ke Indonesia lebih 14 juta kunjungan dan meningkat 22 persen bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya,”ujarnya.

Terkait dengan kunjungan wisata mancanegara ke Indonesia, Djoko menyebutkan terhitung periode Bulan Januari sampai bulan Juli 2018 telah mencapai lebih dari 9 juta kunjungan atau mencapai 112 persen dari target yang ditetapkan.

Menurutnya, kunjungan wisata mancanegara tentu sangat menggembirakan sekaligus menjadi tantangan bagi Pemerintah khususnya Kementrian Pariwsata RI dan di daerah-daerah seperti Porivnsi Sumsel yang memiliki destinasi wisata.

“Potensi ini sangat perlu untuk terus didorong dan dikembangkan dalam hal ini peningkatan pelayanan, SDM, infrastruktur, promosi, pengembangan destinasi dan hal terkait lainnya,” tuturnya.

Lanjut dia untuk mampu meningkatkan SDM, di Provinsi Susmel telah terdapat Poltekpar yang berdiri sejak 2016. Poltekpar sebagai pendidikan bidang pariwistaa merupakan lembaga penting dan strategsi untuk mendukung layanan kepariwstaaan.

“Kehadiran Poltekpar di Provinsi Sumsel di Kota Palembang tentu saja kami harapkan agar mampu melahirkan SDM pariwisata yang handal dan berdaya saing serta mampi meningkatkan pelayanan kepariwisataan,” harap Djoko.

Selain melakukan pengawasan secara langsung destinasi pariwisata dan pendidikan pariwista di Poltekpar, tujuannya Djoko Udjianto mengatakan untuk mendapatkan data-data faktual tentang kondisi, kendala dan permasalahan pariwisata di Palembang dan permasalahan yang di hadapi Poltekpar Palembang dalam hal ini kesiapan SDM, infrastruktur, pendidikan serta kerjasama dengan dunia usaha dan industri.

Sementara itu, selain memaparkan Kawasan JSC yang berstandar Internasional serta destinasi yang ada di Sumsel, Gubernur Alex Noerdin menjelaskan bahwa Poltekpar tentu mempunyai lokasi yang sangat strategis di kawasan Jakabaring. “Poltekpar salah satu yang terbaik, menyiapkan SDM untuk menjawab tantangan di bidang Pariwisata ditambah lagi Palembang saat ini sudah menjadi prioritas pariwisata olahraga di Indonesia,” tutur Gubernur Alex Noerdin.