Detak-Palembang.com ACEH BESAR – Untuk meningkatkan kemahiran Prajuritnya Kodim 0101/BS, laksanakan kegiatan Latihan Menambak Senjata Ringan (Latbakjatri), yang dilaksanakan di Lapangan Tembak Gunung Putri Rindam IM, Desa Japakeh, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, Rabu (28/03).

Kegiatan Latbakjatri ini merupakan kegiatan yang dilakukan Kodim 0101/BS dalam meningkatkan keterampilan prajuritnya dalam kemahiran menembak, kegiatan ini rutin dilaksanakan secara terprogram pada tiap semester dalam pertahun, kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh Prajurit  baik Perwira, Bintara maupun Tamtama.

Mayor Inf Mukalil, selaku Komandan Latihan (Danlat) pada giat Latbakjatri Kodim 0101/BS, menyampaikan. Materi kegiatan dalam Latbakjatri ini antara lain menembak tepat jarak 100 M sikap tiarap, dengan jumlah amunisi 13 butir, masing – masing 3 butir untuk koreksi dan 10 butir untuk penilaian.

“Walaupun Kodim satuan kewilayahan teritorial, tetapi prajuritnya harus mempunyai jiwa naluri tempur jago dan mahir dalam menembak, dalam membidik dan melumpuhkan sasaran musuh,” Ucap Mayor Inf Mukalil.

Staf Ops Kodim 0101/BS, dalam hal ini Serma Muslim, sebagai Bati Ops Kodim 0101/BS, selaku perencana penyelenggara kegiatan Latbakjatri Kodim 0101/BS, saat dijumpai mengatakan, kemampuan menembak adalah kemampuan yang paling utama yang harus di miliki oleh setiap prajurit. Jadi, Latihan menembak ini harus diikuti dan diutamakan karna semua prajurit harus mahir menembak.

Ia juga mengatakan, Tentara itu senjata pamungkasnya adalah Senjata. Jadi kemampuan untuk menembak itu paling utama, karena Final Eksekusi didalam bertempur itu adalah menembak.

Lanjutnya, latihan ini sifatnya bertahap, bertingkat dan berlanjut, artinya bertahap, bertingkat dan berlanjut itu, kita laksanakan sesuai dengan teknis menembak, dimana saat ini dilaksanakan latihan menembak pada sasaran yang diam, nantinya akan kita rencanakan latihan menembak dengan sasaran yang bergerak itu adalah aplikasi di lapangan.