Detak-Palembang.com MUARADUA – Masyarakat kota Muaradua dan sekitarnya menggelar sholat gerhana (sholat khusuf) di beberapa tempat terkait dengan terjadinya fenomena alam gerhana bulan, Rabu (31/01) malam.

Tercatat pelaksanaan sholat dan khutbah digelar di masjid perumahan GSP, masjid Talang Belidang dan Masjid Al Falah Muaradua.

Pantauan di Masjid Al Falah, nampak masyarakat begitu antusias dan bersemangat untuk melaksanakan sholat yang baru sekali mereka lakukan seumur hidupnya, karena fenomena alam ini tidak terjadi setiap tahun.

Pelaksanaan sholat 2 rekaat dengan 4 gerakan rukuk yang diikuti oleh lebih dari 100 orang itu berlangsung dengan khusyuk.

Setelah melaksanakan sholat 2 rekaat, dilanjutkan dengan 2 khutbah dengan khotib seorang Penyuluh Agama Islam yang bertugas di Kecamatan Muaradua yaitu  Jamaludin Malik.

Dalam pesan khutbahnya Jamal mengajak pada kaum Muslimin untuk selalu melihat dan mempelajari ciptaan Allah dimana semua pergerakan di alam ini tunduk kepada aturan Nya, termasuk fenomena gerhana bulan ini.

“Untuk itu marilah kita selalu bersyukur kepada Allah dengan selalu mengerjakan perintah Allah dan bersodaqoh” ujarnya mengajak.

Pelaksanaan sholat gerhana dimulai pada pukul 20.15 dan berakhir pada pukul 21.00.