Detak-Palembang.com PALEMBANG – Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Ishak Mekki membuka secara resmi, Rapat Koordinasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Selatan di Graha Bina Praja, Kamis (16/02).

Rapat yang diikuti oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan Kepala Bidang Disdukcapil se-Sumsel mengusung tema ‘Kita Sukseskan Tertib Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Untuk Mewujudkan Penduduk Yang Bekualitas dan Bertanggung Jawab’.

“Rakor kependudukan sangat penting, tetapi juga riskan apalagi akan melaksanakan pilkada 2018,” ungkap Ishak Mekki.

Ishak berpesan agar nantinya data di kabupaten/kota  harus  berkoordinasi dengan provinsi agar data tepat sehingga daftar pilih saat pilkada  dengan jumlah penduduk benar.

“Perekaman EKTP juga harus sudah selesai jangan sampai menggunakan KTP sementara. Kita tidak menginginkan ada pemilih ganda dan juga ada yang belum mendapat KTP, sehingga 2018 tidak ada permasalahan,” tegasnya.

Ia berharap masyarat tahu dan merekam EKTP agar yang memiliki hak pilih memiliki EKTP dan kartu keluarga.

EKTP dan KK sangat erat kaitannya dengan masalah kemiskinan, ekonomi kesemuanya itu ada di Disdukcapil.

Pada kesempatan yang sama Kepala Disdukcapil mengatakan rakor ini perdana sejak berdiri yang tadinya berada di kabupaten/kota.

“Rakor ini tidak hanya sekali tetapi akan terus diadakan termasuk ke kabupaten/kota,” katanya.

Disampaikannya, tujuan rakor untuk

mesinergikan kevalidan data kabupaten/kota dengan yang dimiliki provinsi.

“Dalam rapat ini kita akan mendengar kendala yang ada di daerah-daerah yang akan dicarikan pemecahannya ,” tutupnya.