Detak-Palembang.com DAR ES SALAAM – Sebagai bagian dari upaya peningkatan ikatan sosial-budaya serta people to people connection antara Indonesia dengan negara akreditasi KBRI Dar es Salaam, yaitu Tanzania, Rwanda, Burundi, dan Uni Komoro, KBRI Dar es Salaam telah menyelenggarakan acara Gathering untuk Para Penerima Beasiswa Indonesia dan Pemutaran Film Indonesia pada tanggal 12 Agustus 2018, di Wisma Duta Besar RI, Dar es Salaam, Tanzania.

Acara tersebut dihadiri oleh Pejabat dari Pemerintah Tanzania, Duta Besar negara akreditasi, para penerima beasiswa Indonesia untuk tahun 2018 dan para alumni, wartawan dari stasiun TV lokal dan media cetak, serta masyarakat umum.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mempromosikan kepada masyarakat dan pejabat di negara akreditasi bahwa Indonesia telah menjadi salah satu negara tujuan untuk melanjutkan studi dengan upaya peningkatan kualitas Pendidikan tinggi di Indonesia yang sebagian telah mencapai taraf World Class University. Lebih lanjut, turut disampaikan komitmen nyata Pemerintah RI untuk terus mendukung pengembangan SDM negara-negara Afrika melalui pemberian beasiswa bagi para pelajar untuk melanjutkan sekolah di Indonesia.

“Sebagai Negara Anggota G-20 dan juga Trillion Dollar Club kebutuhan untuk SDM yang berkualitas sangat tinggi di Indonesia. Oleh karenanya, 20% dari APBN Indonesia dialokasikan untuk peningkatan kualitas Pendidikan.” disampaikan Dubes RI Dar es Salaam, Prof. Dr. Ratlan Pardede, dalam sambutannya.

“Indonesia terus berkomitmen untuk mendukung pembangunan SDM di Tanzania, Burundi, Rwanda, dan Uni Komoro dengan memberikan beasiswa bagi para pelajar untuk melanjutkan Pendidikan di Universitas-universitas terbaik di Indonesia.

Pada tahun 2018, total sebanyak 23 pelajar dari negara akreditasi telah mendapat beasiswa dari Pemerintah Indonesia melalui skema Beasiswa Kemitraan Negara Berkembang. Secara total, dari kurun waktu tahun 2012 hingga tahun 2018, Pemerintah Indonesia telah memberikan beasiswa kepada 104 pelajar dari negara akreditasi.

Dalam sambutannya, Pejabat dari Kementerian Luar Negeri dan kerja Sama Afrika Timur Tanzania, Mr. Emmanuel Luangisa, menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Indonesia karena telah membantu pembangunan SDM di Tanzania, serta mengharapkan agar dukungan dan kerja sama tersebut terus berlanjut dan lebih diperluas.

Sementara itu, Bapak Rajab Ali sebagai perwakilan alumni penerima beasiswa Indonesia yang juga merupakan Ketua Tanzania-Indonesia Friendship Association (TAIFA) menyampaikan bahwa selama berada di Indonesia beliau tidak pernah merasa berada jauh dari rumah karena keramahtamahan masyarakat Indonesia. Bapak Rajab Ali merupakan alumni dari Universitas Gajah Mada pada tahun 1994-1998.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut, KBRI Dar es Salaam juga memutarkan salah satu film Indonesia, yaitu “The Raid: Redemption”, guna memperkenalkan dan mempromosikan dilm-film Indonesia. Masyarakat umum Tanzania yang hadir untuk menonton film tersebut menyatakan sangat terkesan dengan film tersebut dan tertarik untuk menonton film Indonesia lainnya. Sejumlah stasiun TV yang hadir dalam kegiatan ini, yaitu ITV dan Azam TV sebelumnya telah menyampaikan ketertarikannya untuk dapat memutarkan film maupun serial Indonesia untuk dapat ditayangkan di jaringannya.

KBRI Dar es Salaam berkomitmen penuh untuk meningkatkan hubungan sosial-budaya antara Indonesia dengan negara akreditasi, yang diharapkan dapat meningkatkan people-to-people connection guna meningkatkan kerja sama ekonomi yang lebih erat ke depannya.