Detak-Palembang.com PALEMBANG – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata  Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), menggelar pelantikan Forum Pariwisata Sriwijaya di Griya Agung, Sabtu (10/2). Pelantikan ini dilakukan langsung oleh Gubernur Sumsel Alex Noerdin.

Rangkaian kegiatan mulai dari pertunjukan seni musik, tari, dan teater menghiasi pengukuhan Forum Pesona Sriwijaya tersebut. Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan pengukuhan sekaligus tathering komunitas se-Sumsel ini merupakan ajang silaturahmi, ajang interaksi dan untuk mempererat hubungan persaudaraan serta bertukar pikiran guna menggali dan mengembangkan nilai nilai luhur yang terkandung dalam seni dan nudaya Sumatera Selatan yang mampu memberikan landasan etika dan moral bagi pembangunan Sumsel.

Alex menuturkan, Provinsi Sumsel saat ini melihat ke depan meneruskan Kejayaan Sriwijaya mengembalikan kemegahan Sriwijaya tetapi tetap utuh dalam kerangka negara kesatuan Republik Indonesia. Dikatakannya, Provinsi Sumsel bukan provinsi terbesar bukan pula provinsi terkaya, tetapi Sumsel mempunyai motivasi yang kuat membangun daerah.

“Kita punya rasa persatuan seperti zaman dulu Kerajaan Sriwijaya yang tertuang dalam 18 prasasti yang utamanya prasasti Kedukan Bukit. Nah ini saudara-saudara sekalian kita buat prasasti Asian Games,” ungkapnya.

Lanjut Alex, Provinsi Sumsel telah ditunjuk sebagai sport tourism di Indonesia. Dimana, hal tersebut diraih Sumsel dengan perjuangan dan kerja keras dapat mengukir sejarah menggelar event-event international. Sampai saat ini Alex menyebutkan 39 event international berlaga di Jakabaring Sport City.

“Pemerintah Provinsi Sumsel sangat mendukung dibentuknya Forum Pesona Sriwijaya Komunitas sebagai bagian dari pentahelix pariwisata, dapat berkontribusi untuk kemajuan pariwisata dan budaya di Sumsel. Saya berharap agar Forum Pesona Sriwijaya sebagai wadah komunitas yang ada di Sumsel dapat memberikan kontribusi untuk kemajuan pariwisata dan budaya di provinsi ini,” tuturnya.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Hilmar Farid mengatakan, tujuan terbentuknya forum ini selain untuk mendukung kegiatan besar Asian Games pada tahun ini yang berlangsung pada bulan Agustus nanti, juga untuk merapatkan barisan Pesona Sriwijaya. Diuraikannya secara rinci, sejarah Sriwijaya ini panjang dan membanggakan karena ada penelitian baru yang membuktikan bahwa orang di Madagaskar itu sesungguhnya adalah keturunan orang Melayu.

“Sejarah panjang mengatakan kepada kita bahwa kita mengemban tugas besar untuk menyiarkan kebudayaan kita, menyiarkan sejarah kita identitas jati diri kita ke seluruh dunia. Sudah dilakukan 1200 tahun lalu dan saya percaya pada tahun ini juga bisa dilakukan lebih hebat lagi,” tuturnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumsel Irene Camelyn Sinaga menambahkan, Peran Forum Pesona Sriwijaya kedepan akan mempromosikan 958 obyek daya tarik wisata yang ada di Sumsel. Ia menuturkan, pengukuhan forum pesona Sriwijaya ini hanya sebagai simbolisasi dan memberikan semangat bahwa ruang publik untuk komunitas sudah dibuka di Sumatera Selatan bukan hari ini tetapi sudah 2 tahun yang lalu.

“Acara ini menjadi bentuk tali silaturahmi dan tali kesatuan kita bagaimana mewujudkan dan mempromosikan 958 obyek daya tarik wisata yang ada di Sumatera Selatan. Sekali lagi terima kasih selamat untuk kita semua terima kasih atas segala dukungan Pak Alex Noerdin yang diberikan selama ini,” tambahnya.