Detak-Palembang.com PALEMBANG – Kerukunan antar etnis dan umat beragama di Provinsi Sumsel sudah sangat dikenal di Indonesia bahkan sudah sampai terdengar ke Negara lain. Dengan kondusifitas ini, Provinsi Sumsel juga dipercaya untuk menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Dikatakan Gubernur Sumsel Alex Noerdin  kerukunan antar etnis dan antar umat beragama tidak terlepas dari peranan TNI/Polri dan seluruh lapisan masyarakat Provinsi Sumsel.

“Terimakasih atas komitmen ini. Baru-baru ini saya pulang dari Singapura, mereka mengakui kita bahwa Provinsi Sumsel zero konflik. Insyallah kerukunan antar etnis dan antar umat beragama selalu kita jaga,”katanya saat sambutan pada acara silaturahmi sekaligus Pelantikan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sumsel Periode 2016 – 2021 Tahun 2017 di Griya Agung Palembang, Sabtu (25/11).

Menurutnya, kerukunan antar etnis dan antar umat beragama ini bukan hanya sekedar untuk Asian Games ataupun Pilkada.  Akan tetapi untuk keamanan, kenyamanan bagi kita, anak dan cucu kita semua.

Oleh karena itu, Dengan dilantiknya pengurus baru FKUB Provinsi Sumsel ini tentu mempunyai beban, amanah dan tanggung jawab yang besar agar Provinsi Sumsel zero konflik dengan terus menerus meningkatkan kerukunan antar umat dan beragama. “Saya menaruh harapan besar agar Sumsel zero konflik. Selamat bekerja, saya meminta agar dapat memikul amanah ini dengan menjaga zero konflik itu terutama,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua FKUB Provinsi Sumsel yang baru Prof K.H Aflatun Mucthar mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Sumsel dan para anggota FKUB yang sudah mempercayai dirinya sebagai Ketua FKUB Sumsel.

Di dalam kepengurusannya, dirinya bertekad akan siap mendukung Asian Games 2018 dan Pilkada Serentak sehingga berjalan dengan baik. Disamping itu, dia meminta kepada seluruh pengurus FKUB Provinsi Sumsel untuk menyatukan tekad,  bersatu untuk terus mendukung program pemerintah.

“Mari pelihara komitmen kita untuk zero konflik.  Untuk terus menciptakan kerukunan antar etnis dan antar umat beragama dengan mendukung program Pemprov Sumsel dan didukung oleh Pemda sehingga damai dan zero konflik dapat dipertahankan,” tutupnya.