Detak-Palembang.com RANAU – Even reguler sebagai salah satu ikon Kabupaten OKU Selatan yaitu Festival Danau Ranau (FDR) secara meriah dihadiri masyarakat dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Sumatera Selatan H. Ishak Mekki, Kamis (14/12) siang di Dermaga Banding Agung. Dan FDR pada tahun ini adalah perhelatan yang ke 21. 

Diharapkan even FDR ini akan menambah kemajuan kepariwisataan OKU Selatan yang lebih baik. Hal itu dikatakan Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo saat memberikan sambutannya sebelum dibuka oleh wagub.

“Kami ucapkan terimakasih atas suport dari Kementerian Pariwisata dan Pemprov Sumatera Selatan” ujar Popo mengapresiasi.

Dikatakannya lagi bahwa saat ini OKU Selatan sedang giat-giatnya membangun sektor kepariwisataan yang bukan merupakan hal yang mudah, oleh karena itu pihaknya mengharapkan dukungan dari semua fihak termasuk pemerintah pusat, provinsi dan masyarakat.

FDR pada tahun ini, Pemkab OKU Selatan mengusung konsep yang berbeda, yaitu dengan menampilkan beberapa wahana baru seperti jet ski, banana boat dan peningkatan fasilitas pendukung.

“Dengan penambahan-penambahan ini kami harapkan dapat menarik wisatawan” Bupati Popo.

Untuk mendukung kepariwisataan, pihaknya sudah berkoordinasi dan berkonsultasi kepada Kementerian Perhubungan Republik Indonesia untuk merevitalisasi bandara Banding Agung.

Sementara itu Menteri Pariwisata dan Ekomomi Kreatif dalam sambutan yang dibacakan oleh Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik M. Iqbal memberikan apresiasinya kepada Pemprov Sumsel, Pemkab OKU Selatan dan masyarakat sekitar Danau Ranau atas komitmennya menjaga budaya dan alam.

FDR diharapkan akan mampu menggerakkan roda perekonomian dan pertumbuhan sektor lainnya.

Untuk itu pihaknya akan membantu proses revitalisasi bandara Banding Agung di kementerian perhubungan untuk mendukung pariwisata.

Kalau bandara sudah bisa aktiv lagi, pihaknya yakin Danau Ranau akan kebanjiran pengunjung dari dalam dan luar negeri.

Berikynta, untuk meningkatkan infrastruktur jalan, Wagub Ishak Mekki menjanjikan pembangunannya demi mewujudkan pembangunan pariwisata.

Danau Ranau sudah mendapatkan perhatian besar dari kementerian pariwisata, maka harus disambut.

“Kita akan mempriroritaskan jalan, akan kita perbesar, akan kita tingkatkan kualitasnya” tegas Mekki.

Hal itu untuk meningkatkan daya tarik bagi wisatawan yang akan mengunjungi Danau Ranau.

“Kita tidak ingin ada ketinpangan, tidak hanya satu kabupaten atau kota saja yang maju, semua harus memenuhi rasa keadilan” tegas politisi Partai Demokrat itu.

Usai pembukaan, masyarakat dihibur dengan penampilan artis dangdut dari ibukota, dilanjutkan dengan parade budaya dari beberapa kabupaten di Sumatera Selatan dan seluruh kecamatan di Kabupaten OKU Selatan.

Selain itu juga digelar expo atau pameran dari beberapq dinas dan BUMD/BUMN mulai tanggal 14 hingga 16 Desember untuk dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Antara lain dinas kependudukan dan catatan sipil yang memberikan pelayanan gratis untuk membuat dokumen kependudukan dan pelayanan masyarakat lainnya.

Bagi masyarakat yang akan menikmati pelayanan mudah, murah dan cepat bisa mengunjungi stand-stand yang siaga di Dermaga Banding Agung.