Detak-Palembang.com PALEMBANG – Empat Pasangan Calon (Paslon), Walikota dan Wakil Walikota Palembang, sepakat menjalani proses pilkada serentak secara damai. Pernyataan ini ditandai dengan pembacaan deklarsi Kampanye Damai selama masa kampanye hingga Pemungutan Suara serentak 27 Juni nanti.

Keempat kandidat Wako dan Wawako, hanya H. Harnoyo dan tiga  paslon lain menandatangani  kesepakatan untuk  melakukan kampaye damai dihadapan para Komisi Pemilihan Umum Daerah dan Panwaslu serta pihak yang berkaitan dengan pilkada termasuk para pendukung. Penanda tangani deklarasi damai bertempat dilapangan stadion Kamboja, Minggu (18/02)

“Alhamdulillah, Empat Kandidat Wako dan Wawako sepakat melakukan kampaye damai,”ucap Syarifudin, Ketua KPU Kota Palembang

Diterangkannya, Deklarasi Kampanye damai ini dilakukan serentak seluruh Indonesia yang menggelar pemilihan kepala daerah. Dan hanya Fitrianti Agustida yang berhalangan hadir, karena sakit

“Kami juga menghimbau kepada masyarakat, agar dapat menolak politik uang dan politisasi sara,”himbaunya

Sementara itu Panwaslu Kota Palembang, akan menindak tegas apabila pasangan calon melakukan black campaign

“Bila terbukti melaukukan kecurangan yang sistematis, terstruktur akan kita diskualifikasi,”ucap M. Taufik Ketua Panwaslu Kota Palemban.

Hal senada disampaikan Calon Petahana Walikota Palembang,  Harnojoyo. Dirinya sepakat untuk mengusung Pilkada Damai selama gelaran Pilkada.

“Sudah seharusnya kita menjaga kedamaian kota Palembang,  apalagi selain pilkada serentak kota Palembang bakal menggelar even akbar Asian Games ke 18,”ujar Harnojoyo singkat.