Detak-Palembang.Com PALEMBANG – Dua Train Set Light Rail Transit (LRT) Palembang sudah selesai dikerjakan dan akan segera dikirim ke Palembang. Setiap train set yang memiliki tiga gerbong sudah berada di Stasiun Madiun, hal itu dikatakan oleh Nasrun Umar,Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan (Sekda Prov Sumsel), di Kantor Gubernur, Jumat (06/04).

“Train set pagi ini sudah berada di Stasiun Madiun besok diharapkan sampai ke Tanjung Priuk. Dari Tanjung Priuk akan loading jam 19.00 WIB atau jam 8.00 WIB keesokan harinya dengan shipping akan berangkat ke pelabuhan Boom Baru Palembang,” urainya.

Nasrun berharap dua train set LRT akan sampai di Boom Baru pada 13 April 2018 pukul 12.00 WIB. Dengan kedatangan train set maka akan menjadi kebanggaan bagi Sumsel karena ini merupakan moda transportasi baru bagi Sumsel bahkan Indonesia.

“Karena untuk pertama kali maka kebanggaan bagi kita. Oleh karenanya akan diadakan upacara pembukaan selubung atau launching di Pelabuhan Boom Baru pada tanggal 18 April 2018 pukul 02.00,” ungkapnya.

Nasrun juga menyampaikan, karena banyak pihak yang berjasa dalam menghadirkannya LRT Palembang maka dalam pembukaan selubung train set akan mengundang orang-orang tersebut.

“Kami akan mengundang dua mantan Dirjen yang berjasa untuk LRT Palembang yakni Sumanto Diatmoko dan Prasetio. Juga Ketua Komisi VI DPR RI Hafiz Tohir dan Wakilnya saat itu Dodi Reza Alex,” ujarnya.

Lanjutnya, setelah launching train set LRT akan segera di geser ke Depo di Jakabaring melalui darat menggunakan crane. Perpindahan itu akan dipersiapkan sebaik-baiknya tanpa harus merugikan pengguna jasa.

“Kita akan tentukan waktunya, apakah malam dari jam 24.00 WIB menuju subuh. Akan dipersiapkan petugas yang akan mengawal  dan mengatur rekayasa lalu lintas pada saat pemindahan train set dari bpelabuhan Boom Baru menuju Depo di Jakabaring,” tutupnya.