Detak-Palembang.com PALEMBANG – Pasangan Calon Presiden (Capres) Joko Widodo dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Ma’ruf Amin periode 2019-2024 akan berhadapan dengan pasangan Capres Prabowo Subianto yang menjabat Ketua Umum Gerindra dan Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Uno dalam pemilihan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024.

Dengan didukung Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai keadilan Sejahtera (PKS), Prabowo di kediaman, Kertanegara, Kebayoran Baru, Jaksel, Kamis (9/8/2018) kemarin sudah mendeklarasikan untuk maju bersama Sandiaga Uno.

“Gerindra, PKS, dan PAN telah memberi kepercayaan kepada saya dan Saudara Sandiaga Uno untuk maju sebagai calon presiden dan calon wakil presiden Republik Indonesia,” ujar Prabowo.

Pasangan Prabowo-Sandiaga mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setelah sebelumnya melaksanakan salat Jumat terlebih dahulu.

Berkas Prabowo dan Sandiaga dinyatakan memenuhi syarat menurut KPU yang selanjutnya pasangan calon akan menjalani tes kesehatan pada Senin tanggal 13 Agustus 2018.

Sementara pada pagi harinya, pasangan Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin telah resmi mendaftar sebagai capres dan cawapres untuk Pilpres 2019 dengan didukung sembilan partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja, yakni PDIP, Golkar, Partai Nasdem, Partai Hanura, PKB, PPP, PSI, Perindo dan PKPI.

Jokowi yang sebagai calon petahana mengajak seluruh masyarakat Indonesia menciptakan pemilu yang berlangsung aman dan riang gembira.

“Saya ingin mengajak seluruh rakyat RI agar menjadikan proses Pemilu 2019 benar-benar menjadi perayaan kegembiraan dalam berdemokrasi. Di mana setiap orang bisa menunjukkan berdemokrasi dengan kegembiraan, penuh dengan riang gembira,” kata Jokowi seusai pendaftaran capres di KPU, Jl Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (10/8/2018).