Detak-Palembang.com OKI – Satgas Udara dan Satgas Darat Kebakaran hutan, kebun dan lahan (Karhutbunla) di wilayah Kodim 0402/OKI berhasil memadamkan api yang membakar lahan di Desa Sungai Bungin dan Desa Pangkalan Lampam, Kecamatan Pangkalan Lampam, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumsel.

Sebanyak 2 Unit Helly BNPB Sumsel dan puluhan petugas dari Satgas Terpadu Kodim 0402/OKI yakni, TNI Polri, Manggala Agni (MA), Masyarakat Peduli Api (MPA) dan RPK Perusahaan dikerahkan untuk memadamkan api yang membakar lahan yang berada di Desa Sungai Bungin dan Desa Pangkalan Lampam, Kecamatan Pangkalan Lampam, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI),  Sumsel tersebut.

“Sekitar kurang lebih 7 Hektar lahan  semak belukar dari kedua desa tersebut hangus terbakar”, kata Dandim 0402/OKI, Letkol Inf Septiyanizar dalam laporan tertulisnya, Rabu (8/8/2018).

“Masing-masing kurang lebih 2 Hektare di Desa Sungai Bungin dan 5 Hektar di Desa Pangkalan Lampam. Namun demikian api bisa dipadamkan”, ungkap Dandim.

Karhutbunla juga terjadi di Daduk Tebu PTPN 7 Cinta Manis, di Rayon  4 Petak 245. Setidaknya kurang lebih 11 Hektare lahan hangus terbakar dilalap sijago merah. Kebakaran ini membuat puluhan pertugas dari TNI dan RPK Cinta Manis harus bekerja ekstra keras untuk memadamkan api dilahan tersebut.

Sementar itu, kebakaran lahan milik masyarakat seluas 50 x 30 meter juga terjadi di Desa. Sungai Rambutan, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten OKI. Api berhasil di padamkan oleh Satgas Terpadu dibantu oleh masyarakat, selanjutnya masih dilakukan pembasahan.

Berdasarkan informasi yang didapat dari Subsatgas Udara, terpantau fire sport di wilayah Mesuji dan Gajah Mati, Kab. OKI.

“Dari informasi tersebut, saat ini sedang dilakukan Ground Cheking di lapangan olehTim Terpadu, Manggala Agni dan Babinsa.