Detak-Palembang.com SEKAYU – Meskipun pengelolaan SMA/SMK sudah beralih ke Pemerintah Provinsi, tetapi tidak membuat Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin lepas tangan dalam meningkatkan mutu dan kualitas guru dan siswa SMA sederajat di Muba. 

Terbukti, tahun 2018 ini Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin memasang target tinggi supaya siswa SMA sederajat di bumi Serasan Sekate bisa tembus masuk perguruan tinggi negeri (PTN) favorit di seluruh Indonesia.

“Saya tetap bertanggung jawab untuk kebaikan siswa SMA di Muba, dan tahun ini harus lebih banyak siswa SMA di Muba yang masuk PTN favorit di Indonesia,” ujar Dodi didampingi Ketua TP PKK Muba Thia Yufada Dodi Reza di sela pembukaan Sampurasson Sumsel 2018 Dalam Rangka Tryout SBMPTN dan Bedah Kampus di Opproom Pemkab Muba, Selasa (06/02) di Opproom Pemkab Muba.

Dikatakan, untuk bisa tembus masuk PTN Favorit jalur tes tertulis SBMPTN tentu peserta didik harus dilatih menjawab soal-soal. “Nah, TO ini salah satu upaya melatih mereka untuk terbiasa menjawab soal-soal jelang menghadapi SBMPTN nantinya,” jelas kandidat Doktor Universitas Padjadjaran itu.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Sampurasson Sumsel 2018, Muhammad Faried Fachier menyebutkan pelaksanaan TO kali ini diikuti sebanyak 811 peserta didik SMA sederajat yang berasal dari 24 SMA/SMK se-Kabupaten Muba.

“TO ini juga mengarahkan kepada siswa supaya tidak takut dengan tahapan seleksi masuk PTN, dan terlatih menjawab soal-soal standar perguruan tinggi negeri,” bebernya.

Faried mengapresiasi dukungan Bupati Muba untuk menargetkan peserta didik di Muba bisa lolos masuk PTN favorit melalui jalur SBMPTN.

“Ya, mungkin hanya pak Dodi ini yang masih sangat konsen peduli dengan siswa SMA untuk bisa tembus masuk PTN,” pungkasnya.