Detak-Palembang.com PALEMBANG – Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin resmi terpilih kembali memimpin Pengurus Provinsi Persatuan Basket Indonesia (Pengprov Perbasi) Sumatera Selatan periode 2018-2022. Sebelumnya, Bupati Musi Banyuasin ini juga sudah memimpin Perbasi Sumsel masa bakti 2013-2018.

Pelantikan secara resmi dipimpin oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Perbasi Danny Kosasi, dan disaksikan oleh Ketua Umum KONI Sumsel H Alex Noerdin dan para Pengurus Olahraga dari berbagai cabang olahraga di Ballroom Grand Atyasa Palembang, Rabu (6/2/2019).

Dalam kesempatan tersebut Dodi menyampaikan bahwa target awal adalah persiapan menuju Prakualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua. Sehingga Sumatera Selatan mampu lolos disingle event menuju PON XX.

“Dan yang kedua adalah mempersiapkan Kejuaraan Internasional SEABA yang oleh Perbasi Pusat menawarkan untuk digelar di Palembang,”ujarnya.

Dodi melanjutkan, bahwa PON Papua menjadi multievent paling bergengsi di Tanah Air sehingga Sumsel berharap dua tim mampu lolos dan tampil di laga terbesar Indonesia tersebut. “Target kita bukan hanya putri tapi juga putra. Sehingga dua tim tersebut diharapkan lolos di praPON yang rencananya akan digelar ditahun 2019 sebagai ajang menuju PON,” jelasnya.

Dikatakan Dodi bahwa dalam persiapannya, pihaknya tetap komitmen dalam pembinaan basket di Sumsel. Pihaknya mengakui, mencari bibit pebasket memang tidak gampang karena selain fisik juga bakat dan rutinitas pembinaan.

“Makanya kita akan turunkan tim Tallent Scouting. Dan itu bisa kita lakukan hingga daerah dan sampai sekolah-sekolah. Bahkan ada pembinaan melalui kompetisi reguler. Sehingga kompetisi bukan hanya di nasional tapi juga sampai dari daerah,”urainya.

Terlait Kejuaraan Internasional SEABA Championship 2019, pihaknya sangat mengapresiasi Perbasi Pusat yang telah merekomendasikan Palembang-Sumsel untuk menjadi tuan rumah. “Dan ini bukan hanya Kejuaraannya tapi juga membangun semangat para milenial di Palembang Sumatera Selatan dalm hal olahraga basket,”jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Pusat Perbasi Danny Kosasi mengakui bahwa tak bisa dipungkiri Palembang merupakan daerah yang telah sukses menggelar event-event Internasional.

“Satu minggu lagi kita ada Meeting lagi di Singapura mudah-mudahan Palembang bisa jadi tuan rumah. Karena kita tahu Palembang niasa menerima tamu Internasional,” tukasnya.