Detak-Palembang.com FLORIDA – Ada-ada saja ulah manusia. Ulah iseng sekelompok anak muda menganiaya ikan hiu dengan menyeretnya menggunakan speedboat, berbuah mereka harus berurusan dengan polisi. Pihal kepolisian Florida Amerika Serikat, menahan dengan barang bukti video yang berdurasi 10 menit tersebut.

Dilansir dari Straits Times, Kamis (14/12), ketiga tersangka bernama Michael Wenzel (21), Spencer Heintz (23), dan Robert Benac III (28).

Mereka dinyatakan bersalah setelah Lembaga Konservasi Perikanan dan Margasatwa Florida melakukan investigasi selama empat bulan terkait video tersebut beredar di media sosial.

Selain tuduhan penganiayaan, Wenzel dan Benac juga dikenai pelanggaran mengambil hiu dari perairan dengan cara yang ilegal.

Video tersebut direkam pada 26 Juni 2017, namun baru viral sebulan kemudian ketika diunggah di Instagram oleh Mark Quartiano, yang memimpin ekspedisi perburuan hiu.

Dia mengaku memperoleh video tersebut pada 24 Juli 2017 dari pria yang merekamnya dan mengirimkannya melalui pesan pribadi di Instagram.

Quartiano langsung membagi video pada saat itu juga di akun Instagramnya, yang telah dilihat lebih dari 73.000 kali.

“Aku tidak percaya seseorang akan mengirimkan sesuatu seperti ini. Aku sangat terkejut,” katanya.

Jaksa menyebut Benac awalnya hendak menembak hiu blacknosedengan senapan tombak, yang mana merupakan tindakan ilegal, ketika mereka memancing di dekat Egmont Key, Hillsborough County, Florida.

Ketiganya kemudian merekam aksi menari mereka di atas kapal. Pada sore harinya, Benac menangkap hiu sirip hitam, sama dengan hiu dalam video yang tersebar di media sosial.

Wenzel menembak hiu itu dengan pistol berkaliber 38, dan mereka terlihat merayakan keberhasilannya menangkap hiu.

Ketika ditarik dengan speedboat, Wenzel terus menembak hiu yang masih hidup itu.