Detak-Palembang.com PALEMBANG – Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Sumatera Selatan (Diskominfo Prov Sumsel) bersama Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumsel serta Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Pemukiman (PU Perkim) Sumsel memberikan keterangan pers kepada awak media tentang keadaan terkini Jakabaring Sport City, di Stadion Jakabaring, Senin (12/02).

Kadiskominfo, Farhat Syukri kepada wartawan menyampaikan hari ini 176 hari menuju event olahraga akbar Asian Games 2018. Sebagai pemberi informasi kepada masyarakat melalui pers dirinya akan memfasilitasi pers dalam peliputan.

“Kami akan mempersiapkan broadcast untuk pers internasional, nasional maupun lokal. Kami akan buatkan ID untuk meliput di venue pada perhelatan Asian Games,” jelasnya.

Lanjutnya, ID diberikan agar pers lokal maupun nasional bisa meliput, tidak menjadi penonton kegiatan Asian Games sedangkan kegiatan berada di daerahnya.

Sementara itu Kadispora Sumsel, Ahmad Yusuf Wibowo memaparkan, tahapan Asian Games sudah memasuki fase 5 yakni pelaksanaan tes event, fase 6 sudah pelaksanaan Asian Games.

“Tes event diadakan di Jakarta berlangsung dari tanggal 8 – 15. Tes event 8 cabang olahraga untuk melihat kesiapan dan melengkapi kekurangan dalam pelaksanaan agar pada pelaksanaannya tidak terjadi kesalahan,” urainya.

Ia menyampaikan, Sumsel telah melaksanakan tes event sejak tahun 2017 lalu. Untuk tahun 2018 akan diadakan 5 tes event salah satunya cabang Bowling.

“Jakabaring sekarang sudah menjadi kota olahraga dan menjadi jendelanya Indonesia. Di Jakabaring akan didirikan Perguruan Tinggi Olahraga. Politeknik Olahraga untuk pertama kalinya di Indonesia,” paparnya.

Ia menambahkan Sumsel sekarang menjadi rujukan bagi provinsi lain dibidang olahraga. Kedepannya akan menjadi menjadi science dan industri olahraga.

Pada kesempatan yang sama Kabid Bangunan Tata Ruang dan Bidang Bangunan Dinas PU Perkim, Aminudin mengutarakan, bahwa Jakabaring merupakan Laboratorium real dari pemerintah membangun sebuah kawasan.

“Bangunan di Jakabaring merupakan hreen building meningkat menjadi green lingkungan.

Saat ini kita akan meningkatkan landskape, plaza, pedestrian dan trotoar depan Gelora Jakabaring. Sekarang sedang dibuat DED nya setelah itu dilelang kemudian pengerjaannya,” tutupnya.