Detak-Palembang.com PALEMBANG – Salah satu striker muda didikan Sriwijaya FC (SFC) U21 pada 2014, Mariando Djonak Uropmabin dan sempat masuk skuat SFC senior di turnamen TSC A 2016 lalu, kini memperkuat tim Papua Perseru Serui dan menjadi andalan.

Hal ini diungkapkan asisten pelatih Perseru Serui, Choirul Huda kepada Detak-Palembang.com Senin malam (24/4). Ia mengaku, Mariando menjadi pemain muda yang tak tergantikan di Perseru Serui untuk awal musim 2017 ini. Mengingat Mariando punya kelebihan yang tidak dimiliki pemain lain.

“Dia pemain muda tapi sudah pantas bermain di kompetisi kasta tertinggi, karena dia punya kecepatan dan punya ketenangan dalam bermain,” kata Choirul.

Manajemen SFC di awal musim 2017 melepas pemain juga meminjamkan pemain-pemain SFC. Seperti nama Reza Erlangga, pemain berambut keriting ini dipinjamkan ke tim Liga 2 Blitar United, lalu Try Hamdani Goentoro posisi kiper yang dipinjamkan ke PSIS Semarang.

“Kalau Mariando memang dia sudah keluar,” kata Achmad Haris, sekretaris tim SFC.

Seperti diketahui, Mariando sempat dimainkan di SFC senior di TSC A 2016 lalu, tercatat Mariando turun 3 kali pertandingan, ia 1 kali mencicipi starting line up saat SFC laga tandang melawan Persipura Jayapura.  Mariando hanya bermain selama 71 menit lalu digantikan Firman Utina, dalam laga ini SFC kalah 1-0 atas Persipura. Sebelum ke SFC U21 di 2014, Mariando juga pernah bergabung di Timnas Indonesia U18 dan menjadi pemain terbaik HKFA Youth Invitation Tournament 2013.