Detak-Palembang.Com PALEMBANG – 1 Oktober merupakan hari bersejarah yakni sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Namun pada tanggal 1 Oktober juga menjadi momen penting juga bagi petani kopi dan pelaku usaha kopi karena hari ini merupakan International Coffee Day (ICD).

Salah satu pengusaha yang berbisnis di bidang kopi, Miftahul Achyar Kertamuda owner Saung Kopi mengungkapkan, bahwa ICD merupakan momen untuk meningkatkan perekonomian terutama dari kopi.

“ICD tahun 2018 menjadi ajang bagi petani kopi dan kami pelaku usaha kopi untuk lebih meningkatkan perekonomian, serta menjadi inspirasi dan aspirasi bagi penikmat kopi,” katanya kepada Detak-Palembang.Com, Senin (01/10).

Lanjutnya, sebagai relawan pemberdayaan kopi dan juga pelaku usaha kopi di Sumatera Selatan (Sumsel), ia memperkenalkan kopi Semende dan membuat buku tentang kopi. Buku yang dibuatnya berjudul Coffee Preneur yang isinya mengulas tentang kopi Semende.

“Buku ini berdasarkan pengalaman saya sebagai petani kopi, saat menjadi pengusaha kopi dan masukan dari penikmat kopi, tulisan dalam buku ini menggambarkan peluang usaha kopi dari hulu hingga ke hilir,” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa tujuannya membuat buku tentang kopi untuk memotivasi orang-orang untuk menjadi wirausahawan kopi. Sekarang kopi bukan hanya sekadar minuman penghangat saja, tetapi sudah menjadi lifestyle.

“Potensi kopi Indonesia sangat luar biasa, jadikan momen ICD untuk lebih peduli lagi terhadap potensi kopi Indonesia. Kopi Indonesia tidak kalah baiknya dengan produksi dari luar bila dikemas dengan baik,” tutupnya.