Detak-palembang.com  Palembang – Provinsi Sumsel kembali dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan seminar dan dialog tingkat nasional. Kegiatan nasional gelaran Himpunan Perguruan Tinggi Negeri (Himpuni) yang menghadirkan 1600 peserta ini segera digelar 12 Februari mendatang di Hotel Aryaduta.

Sejumlah narasumber dan keynote speech penting akan hadir mengisi acara di antaranya Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi dan Menteri ESDM Ignatius Jonan. Hal ini terungkap saat rombongan IKA Unsri yang menjadi penyelenggara di daerah beraudiensi dengan Gubernur Sumsel H. Herman Deru di rumah dinasnya, Jumat (08/02) pagi.

” Secara garis besarnya saya sudah tahu karena kebetulan beberapa hari lalu sudah ketemu Ketum Himpuni. Saya ingin seminar ini menghasilkan rekomendasi yang berguna baik untuk pusat, pemprov maupun daerah,” jelasnya.

Mengingat manfaatnya yang sangat besar iapun meminta panitia mengirimkan surat ke seluruh kepala daerah se Sumsel agar ikut partisipasi pada acara tersebut. “Mindset nya harus sama, seminar nasional ini penting dan daerah harus tahu itu. Kita juga akan tunjuk tim perumus karena acara-acara seperti ini perlu difollow up” jelasnya.

Gubernur Sumsel Herman Deru juga mengaku akan mengupayakan hadir meski jadwalnya kegiatannga masih sangat padat.

Sementara itu Ketua IKA Unsri yang juga Wakil Sekjen Himpuni Suez Amir mengatakan seminar sehari ini bertemakan Pengelolaan SDA di Era Industri 4.0. Seminar dan dialog ini menurutnya merupakan agenda tahunan Himpuni. Sebelum di Sumsel (Palembang) acara serupa juga digelar di Kota Solo.

“Dialog dan seminarnya kita gelar dari pagi. Siangnya akan dilanjutkan dengan jelajah Sungai Musi dan ditutup makan malam bersama Walikota,” paparnya.

Meski hanya sehari dia berharap seminar ini dapat menghasilkan rekomendasi berupa kajian mengenai pengelolaan industri di era 4.0. ” Targetnya ada isu lokal yang bisa ditangkap dan dibahas dalam seminar,” jelasnya.

Saat ini jelas Suez tahapan persiapan acara hampir rampung sepenuhnya termasuk soal kepastian kehadiran keynote speech dan narasumber.

Selain menghadirkan dua menteri, sejumlah pejabat lainnya juga akan didaulat menjadi narasumber acara tersebut. Seperti Ketua IKA ITS yang juga Ketua SKK Migas, kemudian Prof Rhenald Kasali, dan Managing Director PT. SinarMas Saleh Husin.