Detak-Palembang.com MUARADUA – Maraknya travel agent atau biro perjalanan haji dan umroh semakin memberikan pilihan dan kemudahan bagi jamaah. Namun para jamaah harus selektif dan berhati-hati dalam memilih layanan biro perjalanan agar terhindar dari penipuan atau mendapatkan pelayanan yang tidak menyenangkan.

Untuk itu masyarakat harus memperhatikan beberapa poin penting ketika memilih biro perjalanan haji dan umroh, jangan sampai tergiur dengan biaya murah.

Ada kiat khusus untuk itu, yaitu dengan melihat 5 kepastian agar calon jamaah lebih aman dan nyaman ketika menjalankan ibadah tersebut.

5 kepastian tersebut adalah pasti travelnya, pasti jadwalnya, pasti terbangnya, pasti hotelnya dan paling penting adalah pasti visanya.

Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan H. Abdul Harris Putra saat secara resmi membuka perwakilan  PT. Karomah Bait Al Anshor Cabang Muaradua , Kamis (01/02) di Jalan Raya Ranau Binjai Muaradua.

“Kami memberikan apresiasi dengan hadirnya biro perjalanan ini, karena memberikan kesempatan kepada warga OKU Selatan untuk melaksanakan rangkaian ibadah umroh,” ujar Abdul Harris.

Karena menurutnya, selama ini banyak travel-travel yang merugikan calon jamaah, dan biro perjalanan ini kata Harris, sudah terakreditasi.

Apalagi PT. Karomah ini memberikan kemudahan-kemudahan bagi jamaah yang akan melaksakan ibadah haji dan umroh, yang salah satunya adalah program mendaftar haji hanya cukup membayar dengan 1 juta rupiah, jamaah sudah memperoleh porsi haji.

Sementara itu Direktur PT. Karomah Bait Al Anshor H. Juremi Slamet menjelaskan bahwa bironya telah terdaftar dan terakreditasi di Kementerian Agama RI dan sudah berpengalaman sejak tahun 2011 melayani jamaah.

Juremi mengaku bahwa bironya bukan yang terbaik, namun ia dan rekan-rekan akan berusaha untuk menjaga amanah dalam mengantarkan jamaah menjalankan ibadah umroh.

Bahkan pihaknya bersama dua biro perjalanan haji dan umroh lainnya telah bersama-sama merintis penerbangan langsung Palembang-Jeddah, dimana hal itu juga merupakan program Gunernur Sumatera Selatan untuk menarik devisa dari penerbangan internasional.

Untuk memudahkan jamaah, PT. Karomah memperkenalkan program-program unggulan, yaitu program dana talangan untuk umroh maupun haji.

“Untuk umroh, jamaah dapat membayar dulu misalnya 5 juta, sudah bisa berangkat, dan pembayaran sisanya dibayarkan setelah pelaksaksanaan ibadah dengan waktu tertentu,” ungkapnya.

Untuk jamaah yang mendaftar, akan bisa langsung tahu kapan jadwal keberangkatan dan nama hotelnya, bahkan bisa memilih waktunya sendiri yaitu sebulan dua kali, mau awal bulan atau pertengahan bulan.