Detak-Palembang.com OKI – Kebakaran Hutan, Kebun dan Lahan (Karhutbunla) masih saja terjadi di Kab. Ogan Komering Ilir (OKI) dan Kab. Ogan Ilir (OI), Sumsel, Senin (6/8/2018) dari pagi hingga malam hari.

Pada hari ini, terdapat lima titik api yang membakar di lahan milik perusahan dan milik masyarakat di kedua wilayah tersebut.

Menurut data yang dilaporkan Dandim 0402/OKI, Letkol Inf Septiyanizar bahwa, Karhutbunla terjadi di lahan milik PT. Sampurna Agro seluas kurang lebih 10 Ha, tepatnya di Ds. Cinta Jaya, Kec. Pedamaran, Kab. OKI. Api juga membakar lahan milik masyarakat seluas 3 Ha yang berada di Ds. Muara Batun dan Ds. Ulak Tembaga, Kec. Jejawi, Kab. OKI.

Karhutbunla juga terjadi di Ds. Prigi, Kec. Pangkalan Lampam, Kab. OKI, kurang lebih 50 Ha lahan milik warga di wilayah ini juga hangus terbakar. Selanjutnya, api membakar lahan di Ds. Tanjung Beringin, Kec. Tanjung Lubuk, Kec. OKI seluas 2 Ha.

Atas kejadian tersebut, Satgas Terpadu di wilayah Kodim 0402/OKI, TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni, MPA, RPK Perusahaan dan aparat terkait lainnya bersama masyarakat bergerak cepat untuk melakukan pemadaman dengan menggunakan sarana yang ada seperti, 11 unit Mesin Pompa Air dan 1 Mobil PMK milik perusahaan.

Tak hanya itu, Satgas juga mengerahkan 1 unit Helly BNPB untuk melakukan Water Bombing agar api segera padam.

Sebelumnya, pada pukul. 10.30 WIB kebakaran juga terjadi di areal lahan tebu PTPN 7 Cinta Manis dengan luas 0,5 Ha, dan api berhasil dipadamkan.

Hingga malam hari, operasi darat masih berlangsung bertujuan untuk melakukan pembasahan lahan yang sudah terbakar.

“Setidaknya untuk hari ini, seluas kurang lebih 65 Ha lahan di wilayah OKI dan OI hangus terbakar, rata-rata lahan tersebut adalah lahan gambut”, kata Dandim.