Detak-Palembang.com PALEMBANG – Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) Raider 200/Bhakti Negara (BN) Mayor Inf Honi Havana M.MDS turut menyumbangkan darah pada kegiatan donor darah dalam rangka HUT ke-59 Batalyon Infanteri (Yonif), Jumat (31/03) lalu.

Salah satu tugas yang dilaksanakan TNI adalah kegiatan kemanusiaan, kali ini kegiatan yang dilaksanakan adalah donor darah  yang merupakan rangkaian kegiatan HUT Yonif Raider 200/BN.

Aula Shandy Wibowo Yonif Raider 200/BN tepatnya kegiatan itu berlangsung, seusai pelaksanaan pembukaan kegiatan Komunikasi Sosial dengan Tokoh Masyarakat, anggota Yonif Raider 200/BN dipimpin Danyon menuju ke tempat donor darah.

“TNI siap dukung kegiatan kemanusiaan dan ini sudah menjadi kewajiban TNI,” ujar Mayor Inf Honi ketika akan periksa kesehatan sebelum mendonorkan darahnya.

Pada kegiatan ini juga dihadiri anggota Satbrimobda Palembang dan mahasiswa Universitas Sriwijaya yang juga mendonorkan darahnya.

Memang salah satu tugas TNI adalah Operasi Militer Selain Perang diantaranya kegiatan kemanusiaan, tugas ini diimplementasikan lebih lanjut  dengan mengikuti  kegiatan kemanusiaan salah satunya donor darah.

Sementara itu Kapten Inf Angga Sukma (Pasi Intel) yang mendampingi Danyon juga menyampaikan hal yang serupa terkait kegiatan kemanusiaan tidak hanya donor darah, ikut membantu korban bencana, memperbaiki fasilitas umum yang rusak, dan pengobatan massal merupakan kegiatan kemanusiaan yang kerap dilaksanakan TNI.

Peran TNI harus dirasakan seluruh lapisan masyarakat sesuai perintah Kasad, melalui kegiatan-kegiatan kemanusiaan dan kemasyarakatan diharapkan TNI berperan dan terwujudnya Kemanunggalan TNI Rakyat adalah tujuan akhir, penjelasan dari Pasi Intel.