PEMADAM1Detak-Palembang.com PALEMBANG – Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, S.IP., didampingi Kasi OPS Korem 044/Gapo Letkol Inf Wahyu memberikan bantuan alat tehnologi pemadam kebakaran kepada Pemerintah Kabupaten OI bertempat KTM Kabupaten OI, Selasa (26/7).

Dalam kesempatan itu Komandan Korem 044/Gapo menyampaikan, “Kita sedang membuat sertifikasi, kemudian nanti saya kirimkan kepada bapak Najib, kemudian nanti akan saya kembangkan lagi,” ungkapnya.

Bahan-bahan tersebut terbuat dari bahan dapur rumah tangga salah satunya Garam untuk diolah menjadi bahan pemadaman api. Kelebihannya: yang pertama bisa lebih cepat menangani kedepan, kemudian pendistribusiannya bisa lebih cepat dilaksanakan, biayanya murah ngak harus nunggu-nunggu, kalau harus nunggu habis sudah waktu kita bicara efisiensi, maksimal. Kita juga berani bilang gambut adalah sahabat kita bukan musuh kita begitu harapan saya. Jadi lahan yang tadinya nganggur bisa di manfaatkan.

Disisi lain untuk memulai tehnologi kita harus berani mulai kalau tidak berani memulai kita tidak dapat apa-apa, tapi minimal dengan kita jalan maupun itu salah itu sudah benar. Jangan hanya bicara, diskusi-diskusi waktu berjalan terus, apa lagi sudah dikasih limit waktu bulan Agustus. Bulan Agustus seolah sudah jadi kayak trauma yang sangat besar. Kalau menurut saya mari kita bersabat dengan bulan dengan waktu sebelum bulan Agustus kiita ngapain,” tegas Danrem.

Dilain pihak Staf ahli Pemprov Sumsel mengatakan, Tehnologi untuk mencegah kebakaran dari Bios 44, tehnologi ini tidak terbatas pada Bios. Nanti bagaimana pembusukan rumputnya sehingga ini akan membantu petani untuk mmengolah lahan dan untuk menurunkan  PH. Rata-rata dalam 2,5 setiap tiga minggu sudah mencapai 6 jadi sudah di atas netral.

Hadir dalam kegiatan tersebut, kepala dinas Kehutanan Prov Sumsel, Kepala Dinas BPBD, Kepala Dinas Pertanian dan Para Kepala Dinas Pertanian, Kehutanan, BPBD Kabupaten OKI, OI, Muba dan Banyuasin.