Detak-Palembang.com PALEMBANG – Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Arh Sonny Septiono menerima penghargaan atas prestasi dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Provinsi Sumatera Selatan oleh Pemerintah Pusat yang diberikan melalui Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. bertempat di Gedung Ahmad Yani Markas Besar TNI Cilangkap Jakarta Timur, Kamis (31/1/2019). 

Penghargaan tersebut diberikan karena Provinsi Sumatera Selatan telah berhasil dalam upaya penanggulangan dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Provinsi Sumatera Selatan pada tahun 2018, dimana pada tahun tersebut juga sedang diselenggarakan ivent Internasional yaitu Asian Games XVIII tahun 2018 di Jakarta dan Palembang yang pelaksanaannya sukses tanpa terganggu oleh asap akibat Karhutla.

Komandan Korem 044/Gapo, Kolonel Arh Sonny Septiono dengan penghargaan ini menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh unsur Satgas Karhutla Provinsi Sumatera Selatan dalam upaya penanganan Karhutla tersebut. “Ini adalah satu capaian bersama antara personel TNI, Polri dan Pemerintah Daerah yang tergabung dalam Satgas Karhutla Provinsi Sumatera Selatan, serta semua pihak yang telah turut ambil bagian dan berperan aktif dalam upaya pencegahan, penanggulangan dan penanganan Karhutla di wilayah Provinsi Sumatera Selatan,” ujar Danrem.

Pada kesempatan tersebut, Danrem juga berharap agar Karhutla tidak terulang dan terjadi lagi, sebab dampak dari kebakaran hutan dan lahan itu sangat merugikan. “Saya harap seluruh pihak dan masyarakat bersama-sama untuk melakukan pencegahan,” harapnya.

Bersamaan dengan penerimaan penghargaan tersebut, Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M.Hum. juga menerima penghargaan atas keberhasilan dalam pengamanan pelaksanaan Asian Games XVIII Tahun 2018 di Palembang.