Detak-Palembang.com BANDAR LAMPUNG – Bertempat di lapangan di Lapangan Apel Makorem 043/Gatam, Danrem 043/Gatam Kolonel Inf Hadi Basuki, S.Sos, MM Tr (Han) pimpin upacara memperingati Hari Ibu Ke-89, yang dihadiri oleh Dandenpom II/3 Lampung Para Kasi Korem 043/Gatam. Dandim 0410/Kbl,Kasatdisjan jajaran ,Korem 043/Gatam,dan seluruh personil TNI serta Peagawai Negeri Sipil.

Dalam Sambutanya Danrem 043/Gatam membacakan Sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perundangan Anak RI Ibu Yohana Yembise menyampaikan Peringatan Hari Ibu setiap Tahunnya di selenggarakan untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan  Indonesia, yang telah berjuang bersama-sama kaum Laki-laki dalam merebut Kemerdekaan dan berjuang untuk meningkatkan kwalitas hidup masyarakat. Tekad dan perjuangan kaum perempuan untuk mewujudkan kemerdekaan dilandasi oleh cita-cita dan semangat persatuan dan kesatuan menuju kemerdekaan indonesia yang aman, tenteram, damai, adil dan Makmur sebagaimana di deklarasikan pertama kali dalam kongres perempuan Indonesia pada tanggal, 22 Desember 1928 di Jogyakarta.

Peristiwa ini sekaligus sebagai tongak sejarah bagi bangsa Indonesia dan di peringati setiap tahunnya, baik di dalam maupun di luar negeri. Komitmen pemerintah juga dibuktikan dengan di terbitkanya Kepres RI Nomor 316 tahun 1959, yang menetapkan bahwa tanggal 22 Desember sebagai hari ibu sekaligus hari Nasional bukan hari Libur,” Lanjut Danrem 043/Gatam.

Tema peringatan Hari ibu ke 89 tahun 2017, “Perempuan Bedaya, Indoneia Jaya,”.  Mengandung arti :  – Meningkatkan akses ekonomi bagi perempuan menuju perempuan   mandiri, Sejahtera dan bebas dari kekerasan dan meningkatkan ketahanan keluarga untuk mewujudkan keluarga yang kuat dalam berbagai bidang.

Pembacaan sejarah HPI oleh Letda (K) Chk Olive Praboya menjelaskan Semboyan pada lambang Hari Ibu Merdeka Melaksanakan Dharma mengandung arti bahwa tercapainya persamaan kedudukan, hak, kewajiban dan kesempatan antara kaum perempuan dan kaum laki-laki merupakan kemitrasejajaran yang perlu diwujudkan dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara demi keutuhan, kemajuan dan kedamaian bangsa Indonesia.

Pada kesempatan itu Danrem, memberikan pengarahan kepada seluruh personil TNI maupun Pegawai Negeri Sipil, Jajaran Korem 043/Gatam bahwa menjelang Hari Natal dan Tahun Baru hindari hal-hal yang berdampak negative, jaga keamananan dan keselamatan diri, Keluarga setiap personil harus selalu menjaga faktor keamanan dimanapun berada, minggu militer harus dilaksanakan agar mental prajurit terbentuk dengan baik, serta memperkokoh persatuan antar satuan.