Detak-Palembang.com PALEMBANG –  Dahulu banyak Desa meminta perubahan status menjadi Kelurahan, namun berbanding terbalik dengan sekarang banyak meminta perubahan status dari Kelurahan menjadi Desa.

Alasan meminta perubahan status tersebut disebabkan adanya alokasi dana pengembangan untuk desa sementara Kelurahan tidak memperoleh dana pengembangan tersebut.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Selatan (PMD Prov Sumsel), Yusnin mengatakan kalau di Sumsel usulan secara resmi perubahan Kelurahan menjadi Desa belum ada.

“Ada beberapa Dinas PMD seperti Pagar Alam pernah menghadap kepada kami menanyakan kemungkinan Kelurahan menjadi Desa,” kata Yusnin, disela Rakor Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), di Hotel Grand Inna Daira Palembang, Selasa (12/02).

Lanjutnya, secara teknis perubahan itu dimungkinkan asalkan memenuhi persyaratan karena berdasarkan UU No 1 tahun 2017 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri juga sudah terbit.

“Dari UU No 1 tahun 2017 dan Permendagri tadi bisa perubahan status dari Desa menjadi Kelurahan atau dari Kelurahan menjadi Desa. Ada 17 Kelurahan di Pagar Alam yang akan mengajukan perubahan menjadi Desa. Di bagian pinggiran karena mereka merasa lebih cocok menjadi Desa,” jelasnya.

Ia menambahkan usulan tersebut akan diajukan kepada Menteri Dalam Negeri. Kalau Kota Prabumulih memang memiliki Desa jadi tidak meminta perubahan.