Detak-Palembang.com PALEMBANG – Di urutan pertama kontingen China sudah mengoleksi total 224 lebih medali emas, perak dan perunggu. Disusul kontingen Jepang dengan total 160-an medali, di posisi tiga Kontingen Republik Korea dengan total medali sekitar 130-an yang tersebar merata, sedangkan tuan rumah Indonesia dengan total 89-an medali.

Sementara urutan di bawah Indonesia, Tim Iran sedang mengintai untuk mengejar perolehan medali dengan total 55, namun kemungkinan sangat kecil karena sejumlah pertandingan sudah banyak yang selesai di pertandingkan di hari ke-12 ini.

China yang bertengger di klasemen atas perolehan medali per tanggal 30 Agustus 2018, memperoleh medali emas sebanyak 106, 68 perak, 50 perunggu akan sulit dan mustahil disusul perolehannya oleh negera-negara lain.

Indonesia yang sedianya ditargetkan emas minimal 16 emas, ternyata target perolehan terlampaui dari cabang Pencak Silat yang paling banyak menyumbangkan medali emas pada Asian Games 2018 ini.

Bahkan ketua PB IPSI, Prabowo Subianto mendapat ucapan selamat dari Presiden Joko Widodo, setelah sukses mengomandani raihan 14 medali emas cabang olahraga pencak silat Asian Games 2018.

“Selamat kepada teman baik saya, sahabat saya, Pak Prabowo Subianto selaku Ketua IPSI sekaligus mengomandani pencak silat dan sukses di Asian Games,” ujar Jokowi kepada wartawan usai menyaksikan laga final di Padepokan Pencak Silat di TMII, Jakarta Timur, Rabu.

“Atas nama bangsa Indonesia, saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung dan mendoakan atlet-atlet Indonesia, khususnya pencak silat,” katanya.

Data perolehan medali selengkapnya bisa di lihat di laman : https://id.asiangames2018.id/medals/