Detak-Palembang.com CHELSEA – Chelsea berhasil mengamankan tempat di babak 16 besar Liga Champions usai menang telak 4-0 atas sepuluh pemain Qarabag, Kamis (23/11) dini hari WIB.

Gol penalti Eden Hazard dan Cesc Fabregas serta dua gol dari Willian memastikan tim asuhan Antonio Conte memperoleh tiga poin di Baku dan melaju ke fase gugur.

Qarabag semestinya bisa unggul lebih dulu pada menit 13 ketika umpan Maksim Medvedev disambut Michel namun sayang bola tidak menemui sasaran.

Chelsea justru unggul delapan menit kemudian ketika Eden Hazard sukses mengonversi tendangan penalti setelah Rasad Sadiqov menjatuhkan Willian di kotak penalti. Sadiqov langsung mendapatkan kartu merah karena ulahnya ini.

Tim tamu kemudian menggandakan keunggulan pada menit 36 ketika Willian mengirim bola ke sudut bawah gawang Qarabag setelah bermain satu dua dengan Hazard.

Qarabag, yang pada pertemuan pertama di Stamford Bridge takluk 6-0 September lalu, mengawali laga dengan baik di hadapan para suporternya di Baku National Stadium. Namun mereka kesulitan setelah sang kapten Rasad Sadiqov mendapatkan kartu merah usai menjatuhkan Willian di area penalti pada menit ke-19.

Hazard yang bermain sebagai false nine di laga ini, sementara Conte menempatkan Alvaro Morata di bangku cadangan, berhasil membuka keunggulan untuk Chelsea lewat eksekusi penalti.

Gol tersebut menjadi yang kedelapan bagi Hazard di ajang Liga Champions, terbanyak bagi para pemain berkebangsaan Belgia yang pernah berlaga di kompetisi tersebut.

Unggul jumlah pemain membuat Chelsea bermain lebih nyaman. Berawal dari kerja sama Pedro, Willian, dan Hazard setelah menerima operan Cesc Fabregas, pergerakan tersebut berakhir dengan gol Willian. Memanfaatkan umpan backheel Hazard, pemain asal Brasil tersebut sukses melakukan penyelesaian akhir dengan sempurna di area kotak penalti.

Berkat assist itu, Hazard kini tercatat berhasil mencatatkan satu gol dan assist dalam satu laga di ajang Liga Champions untuk pertama kali dalam kariernya.

Keunggulan dua gol tetap bertahan hingga babak pertama berakhir. The Bluesbaru berhasil mencetak gol ketiganya dalam laga ini di babak kedua dan lagi-lagi lewat tendangan penalti.

Wasit Jose Sousa menunjuk titik putih pada menit ke-73 setelah menurutnya Maksim Medvedev melanggar Willian di area penalti, meski sang full-back protes karena pelanggaran terjadi di luar kotak penalti. Fabregas yang menjadi algojo pun menjalankan tugasnya dengan sempurna.

Gol tersebut membuat Fabregas menjadi pemain asal Spanyol keempat yang mampu mencetak 20 gol di ajang Liga Champions. Raul Gonzalez mampu mencetak 71 gol, Fernando Morientes 33 gol dan Fernando Torres 20 gol.

Chelsea menutup kemenangan telaknya kali ini lewat gol kedua Willian yang tercipta lima menit sebelum waktu normal berakhir. Ia menerima umpan dari Pedro sebelum melepaskan tendangan dari jarak sekitar 18 meter yang sukses menjebol gawang Qarabag yang dijaga Ibrahim Sehic.

Kemenangan ini membuat Chelsea berhasil mengumpulkan sepuluh poin dari lima laga di Grup C, mereka masih akan bersaing dengan AS Roma untuk memperebutkan status sebagai juara grup.