Detak-Palembang.com PALEMBANG – Kepulan asap tebal tampak dari api yang membakar lahan seluas 500 Ha di perbatasan antara Desa Embacang dengan Desa Dabuk Makmur, Kecamatan Mesuji, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Sebanyak 4 unit Helly masing-masing milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), PT. Sinar Mas, dan PT. Sampurna Agro dikerahkan untuk memadamkan api yang membakar lahan tersebut. 

Tidak hanya itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sumsel juga kembali menambah bantuan armada udara berupa 1unit Water Bombing di lahan milik perusahaan seluas 1,5 Ha, tepatnya di Desa Pulu Beruang, Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten OKI.

Kedatangan helly bantuan dari BNPB ini berdampak besar dalam upaya memaksimalkan pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Kab. OKI.

Dengan kedatangan kembali 1 unit Helly bantuan BNPB ini, hasilnya sangat signifikan dalam memaksimalkan pemadaman Karhutbunla.

“Berdasarkan laporan pada hari ini, sebanyak 5 unit Helly diterjunkan untuk memadamkan api yang membakar lahan di Kabupaten OKI”, ungkap Dandim 0402/OKI Letkol Inf Septiyanizar, Minggu (5/8/2018).

Dandim juga mengungkapkan bahwa, pihaknya dan juga tim Satgas Karhutbunla lainnya masih kesulitan untuk mendeteksi api, karena jika dilahat dengan kasat mata, api tidak terlihat tetapi kepulan asap tebal terus keluar dari dalam gambut.

Pada bagian lain, upaya pemadaman dan pembasahan lahan terus dilakukan oleh Tim Terpadu di lahan milik masyarakat seluas 10 x 15 meter yang berada di Desa Cinta Jaya, Kecamatan Pedamaran, Kab. OKI.

“Untuk api yang dipermukaan, Tim Satgas Terpadu yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni (MA),   Masyarakat Peduli Api (MPA) bersama RPK Perusahaan yang ada di Kab. OKI dan masyarakat sudah berhasil meminimalisirnya dan saat ini masih dilakukan pendinginan”,ungkapnya.

“Sementara itu, untuk kebakaran di lahan tebu seluas 1 Ha PTPN VII Cinta Manis Rayon 2 Petak 58 di Desa Senuro, Kecamatan Tg. Batu, Kab. Ogan Ilir (OI) sudah berhasil dipadamkan oleh petugas TNI dan RPK- Cinta Manis”, kata Dandim OKI.