Detak-Palembang.com MUARADUA – Sebagai salah satu wujud mitigasi becana dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKU Selatan menggelar kegiatan simulasi pencegahan karhutla dengan peserta utusan dari desa se – Kabupaten OKU Selatan, Selasa (19/12).

Kegiatan pembukaan dilaksanakan di Aula Pemkab OKU Selatan dan dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten OKU Selatan H. Romzie.

Kegiatan ini kata Kalaks BPBD Kabupaten OKU Selatan H. Doni Agusta, bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat akan bahaya bencana kebakaran hutan dan lahan yang dapat berakibat fatal dan dapat memberikan dampak buruk terhadap kesehatan.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pengalaman dan pemahaman kepada para kader tanggap bencana di desa masing-masing sehingga dapat meminimalisir bencana kebakaran di wilayahnya masing-masing” ungkap Doni lebih lanjut.

Setelah para peserta memperoleh materi dari tim BPBD Provinsi Sumatera Selatan, TNI, Polri dan BPBD Kabupaten OKU Selatan, mereka langsung diajak untuk menggelar simulasi.

Simulasi dilaksanakan di belakang kompleks perkantoran setempat, dengan skenario sudah terjadi kebakaran hutan dan lahan dimana peserta bersama TRC BPBD dan tim pemadam kebakaran berusaha untuk menjinakkan api yang telah berkobar.

Tak ketinggalan pula sudah siap siaga tim kesehatan dan ORARI untuk membantu proses penyelamatan.

Kepada masyarakat, apabila terjadi karhutla, dihimbau untuk dapat segera melaporkan kejadian tersebut ke nomor telepon 082178554322 CP Kirom dan 082282494007 CP Heri Pramono, mereka adalah petugas pemadam kebakaran Kabupaten OKU Selatan.