Detak-Palembang.com TANJAB BARAT –  Mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 03/Tungkal Ilir jajaran Kodim 0419/Tanjab yang dipimpin Serda M. Erwin rutin melaksanakan patroli dan sosialisasi tentang Karhutla di wilayah binaan teritorial jajaran Koramil 03/Tungkal Ilir, Minggu (10/3/2019).

Serda Erwin mengatakan bahwa kegiatan patroli kita lakukan dengan menggunakan sepeda motor roda dua ini untuk menjaga agar tidak ada yang membakar hutan dan lahan. Termasuk juga mencari kalau ada pelaku yang sedang melakukan pembakaran, hal itu sesuai dengan arahan Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf Arry Yudistira.

Dalam kegiatan yang kita dilaksanakan dengan menelusuri lahan dan kawasan hutan. Dengan menggunakan kendaraan roda dua, agar lebih leluasa sampai ke pelosok desa. Walaupun keadaan jalan yang sedang rusak, tetap terus berjalan dengan penuh semangat.

Danramil Tungkal Ilir Kapten Inf Rohandy saat dikonfirmasi awak penrem, membenarkan bahwa Patroli yang dilakukan Babinsa Serda Erwin, mulai dari Desa ke desa sampai ke dusun. Serda Erwin yang memimpin patroli, disamping sosilisasi juga mencari pelaku Karhutla, dan ini merupakan perintah langsung Dandim kepadanya.

“Tujuannya sudah jelas, Babinsa patroli setiap hari. Dan apa bila menemukan pembakar lahan dan hutan. Langsung kita tangkap dan pelaku pembakaran tersebut dapat diproses secara hukum nantinya,” sebutnya.

Karena bagi pelaku Karhutla yang bersangkutan sudah membuat pelanggaran yang dapat merugikan masyarakat banyak. “Jadi kami imbau masyarakat tidak melakukan kegiatan pembakaran lahan dan hutan di wilayah Koramil 03/Tungkal Ilir,” tegasnya.

Diharapkan dengan adanya kegiatan sosialisasi dan patroli, masyarakat tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan. Karena hal itu memberikan dampak yang besar bagi kesehatan dan kemajuan perekonomian di wilayah kita,” jelasnya.