Detak-Palembang.com – MUSI RAWAS – Bupati Kabupaten Mura Hj Ratna Machmud secara langsung terpilih sebagai perempuan Inspiratif penggerak pembangunan untuk kategori pemberdayaan masyarakat.

Yang menuju Ultimate goal otonomi daerah Tahun 2022 bersama 6 kepala daerah perempuan lainnya,dengan berbagai kategori berbeda.

Saat menerima anugerah dan penghargaan kepala daerah perempuan terinovatif versi Tempo 2022 di East Java Ballroom Ground Floor Hotel The Westin Jakarta Selatan, Jakarta, Kamis (22/9) pukul 17:30 Wib.

Bupati Mura Hj Ratna Machmud (23/9) mengucapkan syukur Alhamdulillah atas Penganugerahan dari Tempo Media Grup, karena hal ini dapat lebih memacu dan giat dalam mengabdikan diri untuk membangun Musi Rawas yang Maju, Mandiri dan Bermartabat (Mantab).

“Alhamdulilah bersyukur kepada Allah swt., serta terima kasih kepada Tempo Media Grup yang telah memberikan penghargaan ini,” ucap Bupati.

Ia menjelaskan,dari 514 Kabupaten/Kota dan 34 Provinsi, ada 50 Kepala Daerah. Dari 50 Kepala Daerah Perempuan terpilihlah 7 Kepala Daerah berdasarkan penilaian dan kriteria Tempo Media Grup.

“Terima kasih kepada jajaran pejabat dan staf Pemerintah Kabupaten Musi Rawas yang telah bekerja dengan baik melayani masyarakat, sehingga kedepan kita harapkan semakin baik,”jelas Bupati.

Sementara, Direktur Utama Tempo Media Grup, Arief Zulkifli menyampaikan, penilaian terhadap Kepala Daerah Perempuan Penggerak Pembangunan telah melalui serangkaian proses seleksi.

Kami berdiskusi bersama sejumlah lembaga, seperti Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah, dan lembaga lainnya.

” Dari penyaringan ini, kami mendapati nama-nama Kepala Daerah Perempuan yang mampu menggerakkan pembangunan menuju Ultimate Goal Otonomi Daerah,”bebernya.

Dia menerangkan Goal Otonomi Daerah dimaksud adalah Peningkatan Pelayanan Publik, Pemberdayaan dan peran serta masyarakat, serta daya saing daerah.

“Melalui serangkaian proses itulah diperoleh tujuh perempuan kepala daerah berprestasi. Selamat kepada penerima penghargaan,”terangnya.

Sekretaris Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Musi Rawas, M Salman Alfaresi menyampaikan, penghargaan ini patut disyukuri sekaligus sebagai pemicu untuk lebih meningkat kinerja dalam melayani masyarakat.

Proses penilaian ini telah melalui serangkaian seleksi yang panjang, sebelumnya Ibu Bupati juga sudah diundang ke Tempo Media Grup.

Penghargaan dengan kategori Pemberdayaan Masyarakat ini, menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat di Kabupaten Mura terhadap pembangunan cukup tinggi menurut penilaian Tempo.

Yakni, ada 7 Kepala Daerah Perempuan Terpilih, yakni :

  1. Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Kategori : Inovasi Percepatan Layanan Publik.
  2. Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie. Kategori : Inovasi Kota Toleransi
  3. Bupati Tegal, Umi Azizah. Kategori : Ekosistem Wirausaha.
  4. Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika. Kategori : Pelayanan Warga.
  5. Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari. Kategori : Inovasi Satu Data.
  6. Bupati Tulang Bawang, Winarti. Kategori : Mal Pelayanan Publik.
  7. Bupati Musi Rawas, Ratna Machmud. Kategori : Pemberdayaan Masyarakat.

” Semoga ini bisa menjadi iklim positif partisipatif pembangunan Kabupaten Musi Rawas,”cetusnya.(Zul)